Perubahan Format Kualifikasi Moto2-Moto3, Agar Dimas Ekky Terbiasa di MotoGP

ktm indonesia

Format Kualifikasi Moto2-Moto3 Sama Dengan MotoGP. Komisi grand prix akhirnya membuat regulasi baru seputar format kualifikasi di kelas intermediet, Moto2 dan Moto3. Kedua kelas itu akan mengadopsi format kualifikasi MotoGP yakni dengan Q1 dan Q2 mulai musim 2019.

format kualifikasi moto2-moto3

Sesi kualifikasi pertama (Q1) dan kedua (Q2) di kelas primer MotoGP diperkenalkan pertama kali tahun 2013. Sebanyak 10 pembalap teratas di kombinasi 3 latihan bebas pertama langsung mengikuti Q2 untuk memperebutkan posisi start terdepan. Sisanya akan masuk ke Q1 dimana dua pembalap teratas sesi ini berhak masuk ke Q2.

Tahun depan, Moto2-Moto3 yang selama ini mengusung format satu sesi serta berdurasi 45 dan 40 menit berubah seperti kualifikasi MotoGP. Masing-masing sesi akan sama persis dengan MotoGP yakni 15 menit. Namun, ada sedikit perbedaan di sini.

Peserta Q2

Jumlah pembalap yang lolos langsung ke Q2 nantinya akan berjumlah 14. Sedangkan pembalap yang diambil dari Q1 akan berjumlah 4, yakni 4 pembalap teratas. Jadi, nantinya baik di Moto2 dan Moto3 pembalap yang akan bertarung memperebutkan pole position berjumlah masing-masing 18 pembalap. Maklum, jumlah entry list di dua kelas ini sangat banyak.

Dan bagi empat pembalap yang mengikuti Q1 dan Q2 bakal diberikan ekstra ban belakang kompon soft.

“Diharapkan sistem ini akan menghadirkan format yang lebih menghibur bagi para penggemar, serta mempersiapkan para pembalap muda untuk sistem klasifikasi yang sama seperti kelas premier. Ini juga akan membuat format kualifikasi homogen di semua kelas Grand Prix,” demikian bunyi pernyataan resmi Komisi Grand Prix.

format kualifikasi moto2-moto3

Nah, siapa tahu dengan performa mumpuni di Moto2 tahun depan, Dimas Ekky akan naik kelas ke MotoGP. Jadi, terbiasa bukan? hehehe….

Format Kualifikasi Moto2-Moto3 2019:

Jumat Sabtu
FP1 Moto3 FP3 Moto3
FP1 MotoGP FP3 MotoGP
FP1 Moto2 FP3 Moto2
FP2 Moto3 Q1 Moto3
FP2 MotoGP Q1 Moto3
FP2 Moto2 FP4 MotoGP
Q1 MotoGP
Q2 MotoGP
Q1 Moto2
Q2 Moto2

Perubahan memang terus dilakukan demi sebuah tontonan yang menarik. Bisa dipastikan, mulai tahun depan blog ini akan lebih sering melakukan update kabar dari Moto2, faktor Dimas Ekky cak!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.