MotoGP? ARRC Saja Dicoret, Sentul oh Sentul…

ktm indonesia

MotoGP? ARRC Saja Dicoret! Judul yang memiliki kesan yang sangat buruk. Jangankan menggelar balapan kelas dunia macam MotoGP, untuk level Asia saja seperti ARRC saja tidak mampu. Itu yang tengah dialami Sirkuit Internasional Sentul, satu-satunya sirkuit kebanggaan negeri ini. Sentul dicoret membuatnya makin terpuruk, cak!

Sempat berjaya dengan menggelar balap MotoGP tahun 1996 dan 1997, Sentul kini makin terpuruk. Kabar terbaru menyebutkan bahwa panitia Asia Road Racing Championship (ARRC) telah resmi mengatakan Sentul dicoret dari daftar seri di musim 2019.

Tentu ini kabar buruk sebab banyak pembalap Indonesia yang berkiprah di kompetisi regional Asia ini. Bahkan, dua musim beruntun pembalap-pembalap Indonesia mendominasi kelas AP250. Jadi, mulai musim depan mereka akan membalap dan berkompetisi di luar Indonesia selama semusim penuh.

sentul dicoret

Dicoretnya Sentul tidak lain karena sirkuit yang terletak di Jawa Barat itu tidak memenuhi syarat untuk menggelar kelas baru yakni ASB1000 alias Asia Superbike 1000. Tapi, ternyata bukan hanya Sentul yang dicoret. Madras Motor Race Track di India juga tidak masuk kalender lagi.

“Sirkuit Sentul dan Madras Motor Race Track tidak ada dalam kalender 2019 karena kedua sirkuit perlu di-upgrade untuk menjadi tuan rumah kelas ASB1000,” demikian penjelasan dari perwakilan TWMR kepada motorsport.com (21/11/2018).

Sepang dan Chang International kembali masuk. Bahkan, dua sirkuit MotoGP itu masing-masing dua kali menggelar balapan musim depan. Sirkuit The Bend Motorsport Park, Australia juga kembali hadir disamping sirkuit tradisional, Suzuka-Jepang.

sentul dicoret

 

Sebagai pengganti Sentul, Sirkuit Internasional Korea ditunjuk. Ini adalah untuk pertama kalinya sirkuit di Korea itu menggelar balapan ARRC. Jadwalnya sekitar pertengahan Agustus.

Kalender ARRC 2019:

Nomor Tanggal Circuit
Tes Resmi 5-6 Maret Malaysia Sepang International Circuit, Malaysia
1 8-10 Maret Malaysia Sepang International Circuit, Malaysia
2* 25-28 April Australia The Bend Motorsport Park, Australia
3 31 Mei – 2 Juni Thailand Chang International Circuit, Thailand
4 28-30 Juni Japan Suzuka International Racing Course, Jepang
5 9-11 Agustus Korea, Republic of Korea International Circuit, Korea Selatan
6 19-22 September Malaysia Sepang International Circuit, Malaysia
7 29 November – 1 Desember Thailand Chang International Circuit, Thailand

*Round 2 hanya ASB1000, SS600 dan AP250

Beberapa waktu lalu blog ini sudah pernah mengangkat kabar soal akan dicoretnya Sentul dari kalender ARRC 2019. Dan, hari ini gosip itu akhirnya menjadi kenyataan. Bye Bye, Sentul!

Advertisements