Jelang Tes Jerez: 6 Hal Ini Menarik Untuk Ditunggu, Nomor 5 Sampai Bawa Part Satu Truck!

Pada Rabu-Kamis minggu depan (28-29 November) para pembalap MotoGP akan kembali ke lintasan. Setelah menjalani tes pertama di Valencia, mereka akan menuju Sirkuit Jerez-Angel Nieto untuk uji coba terakhir sebelum winter break! Lalu, apa yang menarik ditunggu di Jerez pekan depan?

Marc Marquez

Marc Marquez mulai mendapatkan perlawanan di Valencia, tentu saja masih jauh menganggap itu sebuah kompetisi. Marquez masih kencang di Valencia. Ia hanya berjarak 0,154 detik di belakang Maverick Vinales dan terlihat senang dengan mesin baru 2019.

jelang tes jerez

Tapi, beberapa pembalap sudah memperlihatkan kecepatan dan kekuatannya. Vinales dan Andrea Dovizioso berada di depannya, belum lagi pembalap Suzuki yang mulai mengancam. Jangan lupakan juga Franco Morbidelli yang sudah klop dengan Yamaha M1.

Belum lagi soal cedera bahu yang dirasakan sakit ketika mengangkap kepalanya. Rencana operasi di awal Desember sepertinya baru bisa melihat Marquez sebenarnya di tes Sepang nanti. Pramusim Marquez tahun ini sedikit terganggu, bisakah para rival mengambil keuntungan?

Yamaha

Pertanyaan paling menarik untuk ditunggu jawabannya adalah apakah Yamaha siap menghadapi kecepatan Ducati dan Honda, serta mungkin Suzuki di 2019? Kemenangan Vinales di Phillip Island serta dua penampilan impresif Rossi di Sepang dan Valencia sebelum terjatuh membuka harapan untuk itu.

jelang tes jerez

Dengan dua mesin baru untuk dicoba di Valencia, Vinales selalu tercepat di dua hari tes sebuah tanda pasti bahwa Yamaha sedang dalam perjalanan menuju pramusim yang baik, kita akan mencari tahu lebih lanjut di Jerez.

Jorge Lorenzo

Salah satu poin pembicaraan terbesar tentang musim 2019 adalah penampilan Jorge Lorenzo di atas RC213V. Di Valencia kita saksikan 5 kali Juara Dunia mengakhiri tes dua hari di Posisi 12 dengan 0,827 detik di belakang Vinales dengan kondisi masih penyembuhan cedera pergelangan tangan kirinya.

jelang tes jerez

Adaptasinya baru saja dimulai, tetapi itu jauh dari debut bencana bagi Lorenzo yang juga berhasil mencoba mesin Repsol Honda versi ‘2019 versi kedua’. Kita akan lihat seberapa dekat Ia dengan pembalap terdepan di Jerez nanti.

Franco Morbidelli

“Gaya balap saya halus, dan motor ini cocok dengan itu.” Ini adalah reaksi Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) untuk penampilan pertamanya di YZR-M1 setelah beralih dari Honda. Ia menempati posisi 6 dan hanya 0,217 detik dari Vinales. Nampaknya Morbidelli merasa cukup nyaman dengan motornya.

jelang tes jerez

Memang masih terlalu dini menyimpulkan, namun tanda-tanda juara dunia Moto2 2017 itu akan makin berbahaya bagi para rivalnya di MotoGP 2019 mulai terlihat. Kita akan saksikan adaptasi berikutnya dari Morbidelli di Jerez.

KTM

KTM membawa satu truck penuh part-part RC16 untuk diuji. Pol Espargaro memimpin pengujian KTM saat mereka
saat mereka menggulirkan banyak komponen baru, baik eksterior, teknis dan mekanis.

jelang tes jerez

Pol menempati posisi 13 dengan 0,871 detik di belakang Vinales merupakan hasil solid. Ia akan banyak mencoba part baru di Jerez nanti.

Dan jangan lupakan perkembangan Johann Zarco. Setelah debut yang sulit gegara dua kali crash di hari kedua Valencia, di Jerez mudah-mudahan pembalap Prancis itu bisa menutup celah ke depan.

Rookie

Empat rookie MotoGP 2019 tampil cukup impresif di Valencia. Juara dunia Moto2 2018 Pecco Bagnaia memimpin dengan berada di posisi 11 hanya 0,648 detik di belakang Vinales. Juga Joan Mir yang berada 3 tingkat di belakangnya dengan GSX-RR.

jelang tes jerez

Quartararo sangat senang dengan penampilan perdananya di Yamaha, pembalap berusia 19 tahun itu 1,334 detik di belakang sesama pembalap Yamaha, Vinales. Sementara itu, Miguel Oliveira membuat kemajuan bagus pada KTM 2019 yang merupakan motor baru bagi pembalap dan tim.

jelang tes jerez

Semoga lebih banyak terobosan baru di Spanyol selatan, tengah pekan depan.

Sumber: motogp.com (22/11/2018)

Advertisements