Tidak Hanya Winglet Belakang, Ducati Juga Bawa Teknologi F1 Di Jerez!

ktm indonesia

Cak, di hari pertama tes MotoGP Jerez, Ducati nampak menghadirkan inovasi baru seputar winglet. Winglet terbaru Ducati dipasang di bagian ekor motor, mirip cumi-cumi. Namun, ternyata pabrikan Borgo Panigale itu punya inovasi baru di Desmosedici GP19 yang mirip dengan teknologi F1 pada Ferrari. Apa itu?

Dikutip dari bolasport.com (30/11/2018), Ducati menjajal lampu sensor pada bagian belakang motor GP19 yang diuji Alvaro Bautista. Lampu-lampu yang dipasang di bagian belakang motor Bautista adalah sensor yang mendeteksi variasi dalam jarak permukaan.

 

teknologi f1

Data yang terkumpul nantinya bisa digunakan untuk menentukan atau menemukan struktur yang ideal pada bagian motor. Ujung-ujungnya adalah mampu membuat motor lebih stabil bermanuver.

Nah, ternyata lampu sensor itu sudah ada di balap mobil Formula One (F1). Ferrari salah satu tim yang menggunakannya. Di mobil F1 Ferrari, lampu sensor diletakkan di bawah hidung di bagian depan mobil. Sensor itu berfungsi untuk memeriksa variasi ketinggian dan menyesuaikan elemen ketiga dari suspensi sebaik mungkin.

Ducati Sang Trend Setter

Heemm… keren nih Ducati selalu jadi trend setter teknologi di MotoGP. Winglet depan mereka yang ciptakan, kemudian ditiru tim lain dan akhirnya dilarang Dorna karena dianggap membahayakan keselamatan pembalap jika terlepas akibat benturan.

teknologi f1

Solusinya, mereka bikin aerofairing sebagai pengganti winglet, akhirnya kembali ditiru tim-tim lain dan tetap digunakan hingga saat ini.

teknologi f1

Sekarang, mereka menciptakan winglet belakang yang mirip cumi-cumi. Sayap tambahan di bagian belakang buritan Desmosedici GP19 itu juga sangat berpotensi untuk ditiru tim lain. Pertanyaannya, apakah winglet belakang ini juga akan dilarang di MotoGP?

teknologi f1

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.