Hasil Tes MotoGP Jerez: Nakagami Kejutkan Semua!

Hari kedua atau terakhir tes pramusim kedua MotoGP di Sirkuit Jerez memunculkan kejutan. Pembalap Jepang, Takaaki Nakagami tampil menawan dengan keluar sebagai yang tercepat. Ia menjadi rider Honda tercepat mengalahkan Marc Marquea. Sementara itu, Valentino Rossi terus terpuruk di luar top 10.

Nakagami memimpin skuad Honda yang mendominasi top 4 dengan menempatkan Marquez dan Jorge Lorenzo di posisi kedua dan keempat.

Sesi tes hari kedua tetap berlangsung selama 8 jam, namun dimulai sedikit mundur selama 30 menit menjadi pukul 10.00 waktu setempat. Seperti hari pertama, dua jam pertama tanpa aktivitas. Para pembalap memilih keluar setelah 2 jam ketika Lorenzo membuka sesi.

Alvaro Bautista yang menggantikan Michele Pirro mampu menggeser Lorenzo tak lama setelah pembalap Aruba.it Ducati di World SBK itu masuk lintasan. Selanjutnya, Marquez melesat ke depan dengan 1:38,783. Hemm… ketika pembalap lain begitu sulit mencetak 1:38 di awal-awal, Marquez sudah melakukannya dengan mudah. Luar biasa memang.

hasil tes jerez

Tak lama setelah mencetak laptime terbaiknya itu, Marquez kembali mempertajamnya menjadi 1:38,452. Catatan waktu Marquez itu bertahan cukup lama hingga pertengahan sesi hingga akhirnya Andrea Dovizioso menggesernya.

Jelang sisa dua jam, Jack Miller melesat paling depan. Tapi, eks rekan setimnya musim lalu, Danilo Petrucci kemudian menggesernya. Itupun tak bertahan lama. Marquez kembali dengan laptime impresif 1:37,970 menjadikan satu-satunya pembalap di bawah 1:38.

Kejutan Nakagami

hasil tes jerez

Mengira hari kedua bakal dikuasai The Baby Alien, nyatanya Takaaki Nakagami membuat kejutan. Menggeber RC213V, pembalap LCR Honda itu merebut urutan pertama. Ia menorehkan 1 menit 37,945 detik atau lebih cepat 0,025 detik dari Marquez.

hasil tes jerez

Maverick Vinales membawa Yamaha M1 di posisi ketiga disusul Jorge Lorenzo yang mulai menemukan kecepatannya di Honda. Apakah ini gara-gara modifikasi kepras tangki bensin seperti yang dilakukannya di Ducati lalu? Bisa jadi!

hasil tes jerez

Posisi kelima menjadi milik Petrucci disusul Franco Morbidelli yang makin klop dengan Yamaha M1. Miller, Dovi dan Peco Bagnaia membawa Ducati berurutan di posisi 7-9. Alex Rins melengkapi top 10 bersama GSX-RR.

Rossi Masih Terpuruk

Kendati mampu memperbaiki performanya di banding hari pertama, namun Valentino Rossi masih terus berada di luar top 10 di tes Jerez kali ini. Ia hanya menempati posisi ke-11 dengan 1:38,596 atau tertinggal 0,651 detik dari Nakagami.

Di hari pertama, Rossi hanya menempati urutan 17 setelah Yamaha M1-nya mengalami kendala teknis. Hasil yang membuat Rossi kecewa sekaligus memperingatkan Yamaha bahwa belum ada kemajuan berarti yang telah dilakukan pabrikan Iwata itu.

hasil tes jerez

Rossi kembali menyinggung soal masalah motornya yang terlihat inferior kala memakai ban lama. Ia menyebut saat menggunakan ban baru, bari dirinya, Vinales maupun Morbidelli terlihat kencang. Namun, setelah beberapa lap, ban mulai terdegradasi kecepatan menurun drastis. Bahkan, Suzuki jauh lebih cepat di moment tersebut.

“Kami kencang (dengan) ban baru. Maverick (Vinales) sangat cepat, juga Franco (Morbidelli). Setelah beberapa lap, semua Ducati dan Suzuki memiliki kecepatan lebih baik,” terang Rossi seperti dikutip dari motorsport.com (29/11/2018).

KTM Masih Lambat

Salah satu interest di MotoGP 2019 nanti adalah akan seperti apa performa KTM dengan 4 motor RC16 spek pabrikan di lintasan. Di sesi tes pramusim kali ini, KTM nampak masih belum bisa bersaing di depan.

hasil tes jerez

Hari pertama tes Jerez, Pol Espargaro menjadi KTM terkencang di posisi 15. Ia mencetak 1:39,241 lebih cepat lebih dari 1 detik dari sang teammate, Johann Zarco di posisi 19. Lebih parah adalah duo KTM Tech 3. Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira mengisi slot terbawah.

Hari kedua, perbaikan best laptime keempat pembalapnya sukses. Namun, itu tak cukup untuk keluar dari situasi yang sama seperti di hari pertama. Pol kembali tercepat di posisi 15, Zarco kedua di posisi 19, Syahrin dan Oliveira berurutan di posisi 23 dan 24 dari 25 pembalap yang mengikuti tes.

Hasil Tes MotoGP Jerez Hari Kedua:

hasil tes jerez

Hasil Tes MotoGP Jerez Kombinasi:

hasil tes jerez

Tes pramusim MotoGP ketiga baru akan dihelat tahun 2019 tepatnya di Sirkuit Sepang pada 6-8 Februari. Jadi, setelah tes Jerez ini, pembalap akan rehat sejenak sebelum kembali gas pol tahun depan.

Advertisements