Rekap Hasil ARRC 2018 Thailand, Inilah Juara Umum Tiga Kelas!

ktm indonesia

Kompetisi balap regional Asia, Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2018 telah berakhir. Seri keenam di Sirkuit Buriram, Thailand, menjadi seri pamungkas. Tiga negara; Malaysia, Indonesia dan Thailand berbagi gelar di tiga kelas yang dipertandingkan tahun ini; UB150, AP250 dan SS600. Berikut hasil lengkap ARRC Seri 6 Thailand.

Underbone 150 (UB150)

Dua race kelas ini menjadi milik pembalap Indonesia. Kendati sudah tidak berpengaruh terhadap perebutan titel juara, namun persaingan tetap seru untuk disimak. Race 1, pembalap wild card dari Indonesia, Wawan Wello secara mengejutkan tampil sebagai pemenang. Menunggangi Yamaha MX King 150, Wawan menaklukkan dua pembalap Malaysia, Md Helmi Azman dan Md Affendi Rosli di posisi dua dan tiga.

Race kedua, masih menjadi milik rider Indonesia. Kali ini giliran Gupita Kresna yang tampil sebagai pemenang. Juga menunggangi MX King, Gupita mengalahkan pembalap Malaysia, Md AIman Azman dan pembalap wild card asal Filipina, McKinley Kayle Paz.

hasil arrc 2018 thailand

Klasemen akhir, juara sudah digenggam pembalap Malaysia Md Helmi Azman sebelum seri terakhir dilaksanakan. Azman meraih total 197 poin. Posisi kedua dan ketiga juga menjadi milik Malaysia. Md Izzat Zaidi dan Ahmad Fazli Syam masing-masing dengan 130 dan 117 poin. Pembalap Indonesia terbaik di kelas UB150 adalah Gupite Kresna yang menempati posisi 4 dengan 10 poin.

hasil arrc 2018 thailand

Asia Production 250 (AP250)

Sama halnya dengan kelas UB, di AP250 ini gelar juara sudah dikunci sebelum seri terakhir.  Namun, persaingan di lintasan masih tetap ketat, seru, ‘liar’ dan penuh intrik. Pertarungan seru terjadi setidaknya melibatkan 5-7 pembalap sejak awal hingga akhir. Drama terjadi di lap terakhir tikungan terakhir. Pembalap wanita Thailand, Muklada Sarapuech tampil ugal-ugalan dengan menabrak 3 pembalap. Dua diantaranya sampai terjatuh, termasuk Mario SA.

Sempat finish ketiga, Muklada akhirnya didiskualifikasi dari race 1 dan dilarang tampil di race 2. Pemenang race ini adalah pembalap Indonesia dari tim Yamaha, Rafid Topan Sucipto disusul Ahwin Sanjaya ‘korban selamat’ dari tubrukan Muklada dan Anuparb Sarmoon.

Race kedua, tanpa kehadiran Muklada, cenderung lebih ‘bersih’. Namun, pembatalan podium kembali terjadi. Kali ini Ahwin Sanjaya yang kemenangannya dicabut. Ia melanggar track limit dan diturunkan 5 posisi. Akibatnya, kemenangan menjadi milik runner up sebelumnya, Andy M. Fadly. Ini adalah kemenangan perdana Andy sekaligus Kawasaki di kelas AP250 musim ini. Runner up Rheza Danica dan Anuparb Sarmoon ketiga.

hasil arrc 2018 thailand

Titel juara AP250 musim ini telah menjadi milik Rheza Danica dari tim AHRT. Di klasemen akhir, Rheza mengoleksi 226 poin, unggul 68 poin dari Anuparb dan 75 poin dari Rafid Topan di tempat ketiga.

hasil arrc 2018 thailand

 

SuperSport 600 (SS600)

Jika di dua kelas di bawahnya sudah tidak menentukan perebutan gelar juara, di SS600 sebaliknya. Masih ada 4 pembalap yang berpeluang menggeser Anthony West dari puncak, salah satunya Rattaphong Wilairot. West dipastikan absen akibat gagal tes doping.

hasil arrc 2018 thailand

Rattaphong membuka peluang juara usai menang di race pertama. Defisit angkanya menjadi 20 poin saja dengan West. Artinya, di race kedua Ia harus kembali menang. DI race pertama ini, Rattaphong ditemani Decha Kraisat dan Ahmad Yudhistira dari Indonesia di podium.

Race kedua, upaya Yudhistira untuk menang belum membuahkan hasil. Justru Rattaphong dan Decha kembali mendominasi. Di sesi ini, Yudhistira nampak kesal dengan strategi Yamaha Thailand yang menurutnya tidak fair dengan ‘mengutus’ pembalap lain mengganggunya di trek. Sehingga Rattaphong dan Decha nyaman di depan hingga menyentuh garis finish lebih dulu.

Rattaphong Wilairot, mantan pembalap Moto2 itu akhirnya keluar sebagai juara SS600 tahun ini. Ia unggul 5 angka dari Anthony West di klasemen akhir dengan 141 poin. Yudhistira di tempat ketiga dengan 131 poin.

hasil arrc 2018 thailand

ARRC 2019

ARRC 2019 akan kedatangan satu kelas baru yakni Asia Superbike 1000 (ASB1000). Kabar baik bagi para pembalap yang ingin naik kelas merasakan power dan kedahsyatan mesin 1000cc motor produksi massal. Namun, kabar buruknya adalah Indonesia dipastikan tidak akan masuk kalender kompetisi.

hasil arrc 2018 thailand

Sirkuit Sentul dicoret dari gelaran ARRC 2019 setelah dinyatakan tidak layak untuk digunakan ASB1000. Sentul dianggap tidak memenuhi unsur teknik dan safety dengan adanya kelas baru tersebut. Ya, semoga ini menjadi pelecut stake holder negeri ini bahwa negara terbesar di ASEAN ini sudah makin tertinggal dari negeri kecil macam Malaysia, Thailand, Singapura bahkan Vietnam untuk kategori autosport.

Sumber: asiaroadracing.com (3/12/2018)

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.