Era Baru Ducati MotoGP 2019, Jumlah Motor Di Grid Berkurang!

ktm indonesia

Era Baru Ducati MotoGP 2019, Jumlah Motor Di Grid Berkurang! Setelah beberapa tahun menurunkan delapan motor di lintasan MotoGP, tahun depan Ducati memasuki era baru dengan hanya ada enam motor Desmosedici di grid. Bagi Ducati, era baru ini merugikan dari sektor bisnis, namun jadi lebih efisien dalam menjalankan kompetisi.

Musim lalu, pabrikan Borgo Panigale memasok total delapan motor, terbagi menjadi tiga spesifikasi berbeda untuk empat tim. Satu tim pabrikan dan tiga satelit (Pramac Racing, Avintia Racing, serta Angel Nieto Team). Tapi, musim depan Angel Nieto diakuisisi Sepang International Circuit (SIC) dan beralih menggunakan motor Yamaha.

https://id.motorsport.com/motogp/news/pengurangan-motor-beri-ducati-efisiensi/4309002/

Akibatnya, motor Desmosedici di lintasan akan berkurang sehingga akan mengurangi pemasukan finansial bagi Ducati. Tapi, di sisi lain hal tersebut membuat tim merah akan lebih mudah menjalankan operasional.

Jadi begini, 8 desmo di lintasan selama ini terdiri dari 3 spek berbeda; spek terbaru, spek 1 tahun lebih tua dan spek 2 tahun lebih tua. Kini, Ducati hanya akan menyediakan 6 motor dengan 2 spek saja, paling tua Desmo yang berusia setahun lebih tua dari yang terbaru.

Akibatnya, meski sedikit merugikan jika melihat segi finansial, General Manager Ducati, Gigi Dall’Igna, justru menemukan sisi positif.

https://id.motorsport.com/motogp/news/pengurangan-motor-beri-ducati-efisiensi/4309002/

“Anda tahu, tahun depan kami memiliki dua motor lebih sedikit. Tentu ini sangat disayangkan dalam hal uang, karena tentu tim membantu kami dalam hal ekonomi,” ujar Dall’Igna pada balapan terakhir 2018 di Valencia seperti dikutip dari motorsport.com (5/12/2018).

“Namun pada akhirnya, Anda tahu. Kami menyederhanakan sistemnya. Untuk tahun depan, kami memiliki tiga pembalap dengan motor 2018, tiga pembalap lainnya dengan motor 2019,” pungkasnya.

Sekedar informasi, 3 Desmosedici GP19 akan digunakan oleh dua pembalap Pabrikan Ducati (Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci) serta 1 pembalap Pramac Racing (Jack Miller). 3 Desmosedici GP18 akan digunakan rookie Francesco Bagnaia (Pramac Racing) dan dua pembalap Avintia Racing, Karel Abraham dan Tito Rabat.

https://id.motorsport.com/motogp/news/pengurangan-motor-beri-ducati-efisiensi/4309002/

Kita tunggu saja akan seperti apa performa Desmosedici GP18 dan GP19 di MotoGP 2019 nanti.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.