Jadwal Asia Talent Cup (ATC) 2019 Dirilis

Kalender untuk musim depan telah terungkap dan daftar entri pembalap menegaskan persaingan ketat kembali akan terjadi. Setelah musim yang luar biasa dari Asia Talent Cup (ATC) 2018, jadwal untuk musim 2019 telah dirilis.

Jadwal ATC 2019 atau musim keenam balap pencarian bakat bintang balap motor telah dirilis Dorna Sports. Balapan kembali akan dilaksanakan sebanyak 6 seri di beberapa sirkuit di kawasan Asia.

Tidak hanya jadwal balap, sejumlah pembalap peserta kompetisi juga sudah diumumkan. Ada 21 pembalap dari 6 negara masuk dalam daftar termasuk dari Jepang, Thailand, Malaysia, Turki, Australia dan Indonesia.

Sebanyak 7 pembalap merupakan kontestan musim 2018 yang akan bertarung dengan 14 wajah baru hasil seleksi di Sepang beberapa waktu lalu. Juga telah dipilih dua nama pembalap cadangan yang siap menggantikan pembalap reguler.

Indonesia memiliki 5 wakil di ATC 2019 yakni Afridza Syach Munandar dan Mohammad Adenanta Putra yang akan menjalani musim keduanya dan Muhammad Hildhan Kusuma, Herjun Atna Firdaus dan Abdul Gofar Mutaqim yang akan melakoni debut.

Daftar Pembalap Asia Talent Cup (ATC) 2019

asia talent cup

Jadwal Asia Talent Cup (ATC) 2019

Dari motogp.com (7/12/2018), ATC 2019 akan dibuka dengan sesi tes atau uji coba yang akan dilakukan di Sirkuit Sepang, Malaysia 9-10 Februari. Sebulan kemudian pada tanggal 8-10 Maret seri pembuka akan resmi digelar di Sirkuit Losail, Qatar. Balapan akan berlangsung mengikuti pembukaan seri balap MotoGP 2019.

Satu minggu kemudian seri kedua ATC 2019 akan berlangsung. Pada tanggal 15-17 Maret Sirkuit Chang Internasional, Thailand akan menjadi tuan rumah. Seri kedua akan bersamaan dengan event World SBK di trek yang sama.

Setelah itu, para pembalap akan jeda cukup lama sekitar dua bulan sebelum memasuki seri ketiga pada 14-16 Juni. Balapan akan dihelat di Sirkuit Sepang, Malaysia yang juga bersamaan dengan ajang Malaysian Superbike Championship.

Seri keempat baru akan berlangsung 4 bulan kemudian tepatnya 4-6 Oktober di Sirkuit Chang, Thailand. Kali ini, balapan akan berlangsung bersamaan dengan kalender MotoGP Thailand. Enaknya jadi warga Thailand nih.

Sirkuit Motegi, Jepang akan menjadi destinasi berikutnya dari ATC 2019. Balapan seperti kembali ‘ke rumahnya’ pada 18-20 Oktober juga bersamaan dengan MotoGP Jepang.

Dan, seri penutup atau keenam akan kembali dilangsungkan di Sepang pada 1-3 November juga bersamaan dengan MotoGP Malaysia.

asia talent cup

Asia Talent Cup (ATC) 2018

Bill Van Eerde tampil sebagai kampiun ATC 2018. Pembalap Australia tersebut sukses mengalahkan dua pembalap Jepang, Haruki Noguchi dan Sho Nishimura untuk meraih titel pertama di karir balapnya.

Di klasemen akhir, Eerde mengoleksi 199 angka hasil dari 3 kemenangan dan 8 podium di musim 2018. Eerde unggul 25 poin dari Noguchi (asiatalentcup.com, 9/12/2018)

Sementara itu, pembalap Indonesia terbaik di ATC 2018 adalah Mario Suryo Aji. Mario SA bahkan sempat bertarung memperebutkan titel juara bersama Eerde dan Noguchi. Sayang jelang berakhirnya musim, Mario belum berhasil menampilkan performa konsisten di depan.

asia talent cup

Pembalap berjuluk ‘Super Mario’ itu total mengoleksi 1 kemenangan di race ke-5 di Sepang dan total 4 kali naik podium. Poin akhir Mario di klasemen adalah 123 dan berada di posisi 5 di bawah pembalap Malaysia, Danial Sharil. 

Advertisements