Kawasaki Rusak WorldSBK!

ktm indonesia

Kawasaki Rusak WorldSBK! Merupakan ungkapan dari bos Yamaha motoGP, Lin Jarvis, ketika melihat dominasi geng ijo di kejuaraan balap motor produksi massal itu. Dominasi berdampak buruk bagi WorldSBK.

Sejak 2015, Kawasaki melalui Jonathan Rea terus mendominasi WorldSBK dengan selalu menang dan telah mengoleksi 4 gelar beruntun hingga musim 2018 ini. Rea menggunakan ZX-10RR untuk semua gelar juaranya itu.

kawasaki worldsbk

Bahkan, musim 2018 Ia memenangi 17 balapan dan mematahkan rekor Cal Fogarty. Secara total, Ia mengoleksi 56 kemenangan bersama Kawasaki sejak 2015 silam. Persentase kemenangannya mencapai 53,8% dari total race yang diselenggarakan selama 4 tahun itu.

Meski memuji kemajuan Yamaha di WSBK, Jarvis tak luput mengkritk dominasi Kawasaki selama beberapa tahun terakhir, yang dapat mengancam kejuaraan itu sendiri.

“Saya masih berpikir keterlibatan Kawasaki adalah benar-benar mendominasi lebih dari tim manapun di Superbike. Meski saya memberi penghargaan penuh kepada mereka untuk kemenangan dan gelar juara dunia, di saat bersamaan saya rasa keterlibatan dominan benar-benar tidak mendukung kejuaraan ini,” ujar Jarvis dikutip dari motorsport.com (10/12/2018).

kawasaki worldsbk

Bagi Yamaha, Superbike masih dirasa penting keberadaannya sebab lebih dekat relevansinya dengan kehidupan biker sehari-hari. Motor yang digunakan di WorldSBK masih memiliki platform yang sama dengan motor harian. Beda dengan MotoGP yang lebih ke arah prototype.

Dominasi Kawasaki di WorldSBK boleh jadi karena mereka memang hanya fokus di kejuaraan tersebut. Berbeda dengan para rivalnya. Sebut saja Ducati, Honda dan Yamaha yang juga berkecimpung di MotoGP. Sehingga seluruh sumber daya bisa mereka maksimalkan di WorldSBK saja.

Para Rival Terus Berbenah

Tahun depan, WorldSBK akan menjadi tantangan berbeda bagi Kawasaki. Disamping keseriusan Yamaha membangun YZF-R1 agar makin kompetitif dengan duet Michael van Der Mark dan Alex Lowes, Ducati terus berbenah.

Tim asal Borgo Panigale itu sudah memperkenalkan ‘senjata’ yang akan digunakan untuk melawan ZX-10RR yakni Panigale V4 R. Mereka juga menggaet eks bintang MotoGP, Alvaro Bautista untuk berpasangan dengan Chas Davies.

kawasaki worldsbk

Belum lagi keseriusan Honda yang mulai musim depan akan didukung penuh oleh HRC. Honda gerah juga nampaknya dengan kedigdayaan Kawasaki.

Jadi, Yamaha, Ducati atau Honda yang bisa membantu ‘memperbaiki’ WorldSBK dengan menaklukkan Kawasaki?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.