Apa Persamaan Zarco dengan Dovizioso? Poncharal Punya Jawabannya!

ktm indonesia

Apa Persamaan Johann Zarco dengan Andrea Dovizioso? Herve Poncharal Menjelaskan! Yang jelas keduanya pernah dan sedang menjadi anak didik Poncharal. Tapi bukan hanya itu persamaan keduanya di mata pria Prancis itu.

Dovizioso semusim bergabung dengan Poncharal di Yamaha Tech 3 tahun 2012, tepat setahun setelah dari Repsol Honda. Hasilnya, Dovi mendarat di posisi 4 klasemen akhir dengan 218 poin. Ia unggul 3 strip dari rekannya, Cal Crutchlow kala itu.

Sementara itu, di musim perdananya bersama Tech 3 tahun 2017 silam, Zarco langsung menyabet gelar rookie of the year. Ia menempati posisi enam klasemen dengan 174 poin. Ia hanya kalah dari para pembalap tim pabrikan macam Marquez, Dovizioso, Rossi, Vinales dan Pedrosa.

Selain performa menawan dengan timnya, Poncharal juga menyebut kedua pembalapnya itu sebagai pribadi yang low profile, humble serta mudah mendapatkan dukungan sekitar akibat dikapnya itu.

“Ada banyak poin umum antara Johann Zarco dan Andrea Dovizioso. Mereka tidak berperilaku seperti primadona superstar. Mereka dekat dengan anggota tim. Mereka bisa membuat grup di belakang Anda, mendukung Anda, untuk memotivasi mereka,” ungkap Poncharal dikutip dari motorsport.com (8/12/2018).

Sehingga, pria Prancis itu percaya dan yakin Zarco akan mengikuti jejak Dovizioso saat di Ducati. Dovi telah membuat Ducati kini menjelma menjadi tim yang selalu bertarung di zona juara. Revolusi Gigi Dall’Igna mungkin tidak akan berjalan mulus tanpa peran Dovi. Ducati Desmosedici menjadi motor yang tidak hanya kencang tapi juga mudah dikendalikan saat ini.

Hal yang sama akan dilakukan Zarco dengan KTM, demikian keyakinan Poncharal.

“Saya percaya Johann dapat melakukan itu dengan KTM, seperti yang dilakukan Andrea dengan Ducati,” tambah.

Keyakinan Poncharal terhadap Zarco tak lain karena Ia menilai pembalap Prancis itu telah mengabdikan hidupnya saat ini untuk MotoGP.

“Johann hidup di MotoGP sebesar 100% dari waktunya. Dia pekerja keras, teknisi yang baik. Dia memiliki analisis yang bagus tentang apa yang sedang terjadi di trek, dan dia memberi tahu kami tentang informasi teknis dengan baik kepada tim,” pujinya.

Musim depan, Poncharal akan bernaung di bawah KTM. Tim yang menunjukkan ambisi besar untuk maju. Indikasinya mudah, tim asal Austria itu akan menurunkan 4 motor RC16 spek sama untuk Zarco dan Pol (tim pabrikan) dan Syahrin-Oliveira (tim satelit).

Komposisi 4 pembalap berbeda dengan 4 motor sama tentu akan menghasilkan output data luar biasa untuk pengembangan RC16 ke depan. Dan peran Zarco akan sangat besar di sini, tentu saja tanpa meremehkan seorang Pol Espargaro.

zarco dan dovizioso

Advertisements