Honda Mudahkan Adaptasi Lorenzo Dibanding Ducati

Perpindahan Jorge Lorenzo dari Ducati ke Honda tidak luput dari pengamatan Casey Stoner. Sebagai pembalap yang pernah memperkuat dua pabrikan itu, Stoner menilai Lorenzo akan lebih mudah beradaptasi di Honda dibanding saat bergabung Ducati.

“Saya pikir akan lebih mudah bagi Jorge untuk pindah dari Ducati ke Honda. Honda adalah motor yang jauh lebih normal,” ungkap Stoner dikutip dari marca.com (12/12/2018).

honda mudahkan adaptasi lorenzo

Masuk akal, selain sudah mendapat pengalaman berharga kala menaklukan Desmosedici dengan 3 kemenangan, seperti yang Stoner katakan, motor Honda lebih mudah dikendarai dibanding Ducati. Walau hal ini masih bisa diperdebatkan setelah komentar Crutchlow yang menyebut RC213V motor yang susah dikendarai, kecuali oleh Marquez.

Sementara itu, Stoner juga yakin Lorenzo bisa kembali menang dengan Honda, seperti yang sudah dilakukannya dengan Ducati. Motivasinya berlipat untuk menaklukkan rekan setim. Apalagi, Lorenzo satu-satunya pembalap yang bisa menghentikan laju juara Marquez sejauh ini.

honda mudahkan adaptasi lorenzo

Baca Juga: Hanya Saya Yang Bisa Kalahkan Marquez

“Saya tidak ragu bahwa dia dapat melakukannya (menang). Saya sangat tertarik untuk melihat apa yang terjadi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Stoner percaya kendati motor yang dipakai sama, namun Marquez dan Lorenzo akan mengambil arah konfigurasi yang berbeda. Bahkan, bukan tidak mungkin mapping ECU keduanya juga akan berbeda.

“Ketika saya di Honda, dengan Dani Pedrosa Saya dulu membuat keputusan yang berbeda, dan saya tahu bahwa Marc selalu lebih suka frame dan konfigurasi yang berbeda daripada Dani. Bahkan mungkin Jorge dan Marc memilih ‘pemetaan’ elektronik yang berbeda,” tambah pembalap Australia itu.

Konspirasi 2015

Oke, memang salah satu topik menarik yang layak ditunggu di MotoGP 2019 adalah seberapa cepat kemampuan adaptasi Lorenzo dengan Honda RC213V. Juga, apakah Ia bisa mengulang memori 2015 ketika mengalahkan Marquez dan juga Rossi di perburuan gelar juara dunia.

Jika mampu mengalahkan Marquez lagi, publik akan melupakan kontroversi MotoGP 2015 dimana Ia ‘dituduh’ dibantu Marquez untuk mengalahkan Rossi. Jika kembali gagal, mungkin teori konspirasi Lorenzo-Marquez vs Rossi di musim itu akan abadi.

honda mudahkan adaptasi lorenzo
Advertisements