Dengan Berbagai Alasan, 6 Pembalap Ini Tersingkir Dari MotoGP

ktm indonesia

Musim balap MotoGP 2018 sudah usai bulan lalu. Namun, masih ada cerita menarik yang tersisa dari pertarungan kelas tertinggi balap grand prix motor itu. Salah satunya cerita soal beberapa pembalap yang tersingkir dari kompetisi itu musim depan. Siapa saja?

Ada 6 pembalap yang harus kehilangan kesempatan berkompetisi di MotoGP 2019 dengan berbagai alasan. Misalnya Dani Pedrosa yang pensiun, Bradley Smith, Scott Redding, Thomas Luthi dan Alvaro Bautista yang digantikan pembalap lain serta Xavier Simeon yang dioper ke kompetisi lain.

#1 Dani Pedrosa – Repsol Honda

Pembalap Spanyol yang sepanjang karirnya di MotoGP hanya membela Repsol Honda ini harus kehilangan kursinya. Honda merekrut Jorge Lorenzo untuk mendampingi Marc Marquez. Nihil titel juara disinyalir menjadi alasan Honda mendepaknya.

pembalap tersingkir dari motogp

Akhirnya, Pedrosa memilih pensiun dari balapan. Kendati begitu, tak berapa lama kemudian Ia memutuskan tetap di lingkungan MotoGP usai menerima pinangan KTM sebagai test rider. Tapi, Pedrosa sudah menutup pintu untuk turun sebagai pembalap wild card musim 2019.

#2 Bradley Smith – Red Bull KTM

Dua tahun di tim kaya asal Austria itu nyatanya tidak membuat Bradley Smith mampu menaklukkan RC16. Ia nampak selalu kesulitan terlepas dari performanya yang sempat dua kali finish top 10. Akhirnya, KTM melepasnya dan menggantinya dengan bintang Prancis, Johann Zarco.

pembalap tersingkir dari motogp

Smith sendiri masih ada di lingkungan MotoGP sebagai test rider Aprilia. Selain itu, Ia juga akan berkompetisi di balapan baru Dorna, Moto E bersama tim One Energy Racing yang didukung Sepang International Circuit.

#3 Scott Redding – Aprilia Gresini

Satu talenta hebat harus hilang dari pusaran MotoGP. Ia adalah Scott Redding, eks pembalap Aprilia Gresini di musim 2018. Redding merupakan pemegang rekor pembalap termuda juara grand prix (125 cc) sebelum musim lalu dipecahkan Can Oncu.

Keputusan Aprilia merekrut Andrea Iannone membuat kursi Redding hilang. Musim depan, Ia masih akan membalap namun di kompetisi British Superbike (BSB) bersama tim Paul Bird Motorsport BeWiser Ducati.

pembalap tersingkir dari motogp

#4 Alvaro Bautista – Angel Nieto Team

Alvaro Bautista termasuk pembalap kencang jika mendapat motor bagus. Hal itu sudah dibuktikannya ketika finish ke-4 kala menggantikan Jorge Lorenzo di Philips Island. Namun, itu tidak cukup membuatnya tetap bertahan di MotoGP.

pembalap tersingkir dari motogp

Setelah timnya diakuisisi Sepang Petronas, Bautista tidak mendapat tim baru. Namun, Ia masih beruntung setelah direkrut tim pabrikan Ducati Aruba.it yang berkompetisi di World Superbike 2019.

#5 Xavier Simeon – Avintia Racing

Salah satu dari dua rookie musim lalu yang harus terbuang dari MotoGP. Simeon gagal bersaing dengan pembalap lain dan hanya mengoleksi 1 poin sepanjang 19 seri MotoGP 2018. Alhasil, Avintia Racing memilih melengserkannya.

Namun, Simeon masih beruntung setelah tim masih mempertahankannya, hanya saja ia diturunkan dalam ajang balap motor listrik MotoE, berduet dengan Eric Granado.

pembalap tersingkir dari motogp

#6 Thomas Luthi – Marc VDS

Rookie terburuk MotoGP 2018. Luthi mengakhiri kompetisi tanpa menghasilkan sebiji poinpun alias nol. Ia kalah jauh dari rookie Franco Morbidelli yang menjadi rekan setimnya di Marc VDS. Bahkan, Morbidelli sukses menyabet gelar rookie of the year.

Setelah tidak lagi di MotoGP, Luthi akan memulai karir barunya musim depan di Moto2. Ia direkrut Dynavolt Intact GP, kala itu bersaing dengan Scott Redding.

pembalap tersingkir dari motogp

Sumber: motorsport.com

Advertisements

2 Comments

  1. Yang sangat disayangkan adalah Alvaro Bautista, sebenarnya pembalap ini lumayan bagus terbukti saat pakai Honda bisa podium dan pengganti Lorenzo bisa finis ke 4

    • Yes… ini pembalap kencang andaikan tim satelit baru macam Tech 3 atau Petronas mau merekrutnya, mayan pengalamannya bisa membantu

Comments are closed.