Manajer Yamaha Kuatir Dengan NMax Baru

ktm indonesia

Salah satu yang menyenangkan kala nyervis motor di dealer resmi adalah bisa ngobrol dengan karyawan atau sales di sana. Bisa ngorek-ngorek info, kendati untuk sekelas tempat tinggal RA agak mustahil mendapatkan info ring 1 soal motor baru. Tapi, okelah masih bisa tahu opini atau pandangan si sales soal jualannya.

Seperti yang kemarin RA dapatkan saat nyervis tunggangan harian New Soul GT 125. Sembari menunggu antrian, RA ngobrol dengan manajer dealer itu. Namanya? Gak penting lah, pokoknya dia punya nama gitu hehehehe… ngobrol ngalur ngidul, akhirnya sampai ke topik new NMax 155. Beliau ternyata khawatir dengan New NMax 155.

Lho, khawatir tidak jadi keluar New NMax? Bukan sih, kalau ini beliau dapat info pasti tahun ini keluarnya, cuma belum tau kapannya. Kalau dari info blogger aripitstop bisa tengah tahun depan untul masspro-nya, tapi display unitnya bisa awal tahun.

nmax baru

“Saya kuatir NMax baru nanti tidak seperti yang sekarang mas,” beliau menjawab begitu ketika RA tanya soal calon facelift maxi pertama Yamaha itu. Wah, langsung dikejar dong, “Kuatir gimana mas?”

“Ya itu, NMax sekarang menjadi jualan Yamaha terlaris, termasuk di dealer ini,” Beliau mulai bercerita.

“Nah, mengapa NMax laris saya analisa karena modelnya kompak, dimensi besar alias tidak seperti skutik kebanyakan, dan mesin VVA nya yang punya performa yahud.

“Soal mesin, saya tidak kuatir. Justru di desain yang harap-harap cemas. Selama ini Yamaha punya kebiasaan mengubah model atau desain motornya sangat berbeda dengan versi terdahulunya.

“Kalau model lama gak laku, okelah ya bisa diubah drastis, tapi Yamaha juga melakukannya untuk model-model yang laris manis. Akibatnya, bisa makin laku tapi tak jarang justru malah tenggelam ditinggalkan konsumen. Dan kebanyakan fakta kedua yang terjadi.

Jangan Ulang Kesalahan Lama

Beliau kemudian memberikan contoh seperti kasus Byson. Byson lawas yang laris dengan desain macho, malah diubah menjadi sporty mirip street fighter ketika versi injeksi dirilis. Akibatnya, gak laku. Contoh lain pada X-Ride, sudah benar dengan desain trail banget, malah diubah jadi seperti skutik kebanyakan. Nah, beliau ini khawatir NMax akan seperti pendahulunya itu.

nmax baru

Beliau inginnya desain NMax baru tidak jauh berbeda dengan versi saat ini, ubahan tidak terlalu drastis. Biar fitur yang drastis perubahannya, makin lengkap.

Masuk akal, NMax model yang saat ini memang sudah diterima masyarakat dengan baik. Buktinya, di tahun ini NMax menjadi motor terlaris Yamaha, bahkan Mio series kalah padahal harga NMax jauh lebih mahal. Jadi, facelift memang sudah perlu dilakukan mengingat usia NMax sudah masuk tahun keempat. Tapi, konsep revolusi lebih baik dilupakan, cukup evolusi saja yang tidak terlalu drastis perubahannya.

Yamaha perlu belajar dari Honda soal satu ini. Lihat bagaimana Scoopy, BeAT atau Vario terus diterima masyarakat. Honda tidak banyak melakukan ubahan di ketiga skutik terlarisnya itu. Perubahannya terkesan ‘mengalir’. Jadi, konsumen digiring untuk ‘selalu menerima’ konsep facelift terbaru produk Honda itu. Yamaha harusnya melakukan ini.

nmax baru
Advertisements