5 Hal Menarik Di MotoGP 2019

ktm indonesia

Musim balap MotoGP 2019 tidak lama lagi akan dimulai. Setelah di akhir 2018 kemarin ada dua sesi tes pra musim, bulan ini perhatian publik akan mengarah ke peluncuran tim-tim peserta MotoGP. Setelah itu, akan banyak cerita menarik seputar MotoGP 2019 yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja?

#1 Jorge Lorenzo di Repsol Honda

Boleh jadi inilah tajuk terbesar 2018. Kepindahan Lorezo ke Repsol Honda untuk bergabung dengan Marc Marquez menciptakan duet mengerikan. Di periode 2012-2018 hanya dua pembalap inilah yang merebut gelar juara; Lorenzo 3 kali, Marquez 5 kali.

hal menarik motogp 2019

Setelah sempat bungkam soal tim barunya karena masih terikat kontrak dengan Ducati, Lorenzo mulai berbicara di tahun baru 2019. Dua kali tes di Valencia dan Jerez sudah bisa membuat Lorenzo menilai RC213V lebih cocok dibanding Ducati Desmosedici.

Menarik untuk menunggu hubungan keduanya sepanjang musim 2019 nanti. Sebelumnya, hubungan keduanya sempat tegang setelah X-Fuera menyalahkan Marquez sebagai penyebab jatuhnya di lap pertama di Aragon September silam. Apalagi, bukan rahasia lagi jika Honda saat ini terlalu Marquez sentris, apakah Lorenzo akan iri?

#2 Dilema Yamaha

Hanya meraih satu kemenangan di musim 2018 membuat posisi Yamaha benar-benar terpuruk. Setelah hasil mengecewakan di musim 2017, Yamaha justru makin parah musim berikutnya. Harus puasa kemenangan dalam 25 balapan sebelum Maverick Vinales mematahkannya di Phillip Island bukanlah kelas Yamaha seharusnya.

hal menarik motogp 2019

Memasuki musim 2019, dua pembalap mereka beda pendapat soal pengembangan tim. Vinales optimis dengan peluang juara, Rossi justru menganggap Yamaha masih jalan di tempat dengan masalah yang sama dengan musim sebelumnya.

Di sinilah pabrikan Iwata dilema. Apakah akan memprioritaskan Vinales sebagai arah pengembangan motornya atau seperti biasanya, Rossi masih menjadi acuan. Secara teoritis, Yamaha bisa saja memenuhi keinginan keduanya, namun regulasi yang makin ketat membuat Yamaha harus memilih.

Respon Yamaha di musim 2019, juga perkembangan Suzuki, akan menentukan seperti apa posisi mereka dalam mengejar dua tim di depannya, Ducati dan Honda.

#3 Wajah Baru dan Tim Baru

MotoGP 2019 kedatangan 4 wajah baru, selain beberapa wajah lama di tim baru. Ada 4 rookie yang siap mengadu skill dan nasib yakni Francesco Bagnaia (Pramac Ducati), Joan Mir (Suzuki Ecstar), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Miguel Oliveira (Tech 3 KTM).

hal menarik motogp 2019

Bagnaia kandidat terkuat rookie of the year, namun menarik menunggu hasil polesan Suzuki terhadap Mir. Juga bagaimana Oliveira dan Quartararo ‘ngakali’ motor mereka yang setahun lebih tua.

Di sisi lain, beberapa wajah lama kini mencoba peruntungan di tim baru. Danilo Petrucci menanggung beban lebih besar dengan kepindahannya ke Ducati Factory. Johann Zarco mencoba membantu ambisi besar KTM serta Andrea Iannone yang berupaya mengangkat pamor Aprilia.

Jangan lupakan tim baru tapi lama, Petronas Yamaha SRT. Tim satelit Yamaha ini baru saja mengakuisisi Angel Nieto Team untuk membuka jalan Malaysia menancapkan kukunya di MotoGP.

#4 Kembalinya Fenati Pasca Brake-Gate

Ketika Romano Fenati berulah dengan menekan tuas rem Stefano Manzi di tengah situasi balapan, dan mendapat hukuman, publik menganggap karir pembalap Italia itu akan habis. Namun, nyatanya Ia kini kembali membalap di musim 2019.

hal menarik motogp 2019

Setelah dua kali dipecat musim lalu, dari timnya di Moto2 dan calon tim barunya, Forward Racing untuk Moto2 2019, Fenati justru kembali akan memperkuat Marinelli Snipers namun di kelas Moto3 musim 2019.

Akan ada banyak pembicaraan di paddock seputar kembalinya pembalap brake-gate. Namun, yang pasti Fenati sudah kembali. Kini bola ada di tangannya. Apakah akan berubah lebih baik atau kembali menggali lubang kuburnya lagi.

#5 Era Baru Moto2 dan Moto E

Moto2 akan memasuki era baru dengan mesin Triumph 765cc inline-3 silinder menggantikan Honda CBR600RR inline-4 silinder. Langkah ini memungkinkan untuk menipiskan jarak antar tim dengan pemakaian sasis yang berbeda.

hal menarik motogp 2019

Adaptasi di tahun pertama ini bisa jadi akan menghadirkan kejutan-kejutan terutama di seri-seri awal. Ini juga langkah awal mengembalikan perhatian publik ke Moto2 setelah dalam beberapa musim terakhir kalah pamor dengan MotoGP dan Moto3.

Sama halnya, era baru balap motor tanpa bahan bakar dimulai. MotoE baru dimulai tahun ini. Seri single-made dengan Energica Ego Corsa bikes akan memberikan tambahan yang unik dan bersejarah untuk paddock MotoGP. Waktu akan menjawab seperti apa penerimaan dan kemajuan dalam 5 seri balap dengan 10 lap tiap serinya.

hal menarik motogp 2019

Sumber: crash.net (5/1/2019)

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.