Vinales Minta Yamaha M1 Yang Lebih Kecil

Beberapa waktu lalu Jorge Lorenzo mengeluh soal dimensi Desmosedici GP18 yang terlalu besar baginya dan lebih pas RC213V. Kini, Maverick Vinales yang merasakan hal yang sama. Ia meminta Yamaha sedikit mengurangi dimensi motornya.

Selama ini, M1 yang dikendarai Vinales dikembangkan berdasarkan ‘Rossi Sentris’ atau dengan kata lain motor Rossi yang dipakai Vinales. Alhasil, tentu saja hasilnya tidak bisa maksimal.

Sekedar informasi, tinggi badan Rossi adalah 180cm, Vinales hanya 165cm. Perbedaan 15cm akan menghadirkan masalah bagi Vinales jika mengendarai motor Rossi. Jangkauan stang, ergonomi badan hingga power to weight akan berpengaruh besar di dalam balapan sekelas MotoGP.

Karena hal tersebut lah, Vinales telah meminta Yamaha untuk memberinya motor yang lebih sesuai ukuran tubuhnya. “Dari awal, saya sudah meminta Yamaha sepeda yang lebih kecil karena yang saya naiki sampai sekarang terlalu besar bagi saya,” tutur sang pembalap Spanyol kepada motorsport.com (12/1/2019).

m1 vinales

“Sulit mengubah motor secara keseluruhan, tetapi jika kami mempertimbangkan mesin, beberapa detail dan aerodinamika, saya kira perbedaannya bisa sangat penting,” tambahnya.

Yes, perubahan dimensi motor tentu tidak haram di MotoGP. Perubahan sasis, swingarm hingga suspensi sangat boleh dilakukan sepanjang musim, apalagi di awal musim. Bahkan, tiap seri ganti sasis, swingarm dan suspensi juga silahkan.

Dan, nampaknya Yamaha harus mengikuti keinginan Top Gun. Yamaha berhutang budi kepad Vinales. Berkat kemenangan pembalap bernomor 12 itu di Phillip Island lalu, Yamaha mengakhiri rekor buruk 25 kali tanpa kemenangan. Dan, Vinales menyadari hal itu. Ia kini mengaku harus lebih ngotot soal keputusan teknis.

m1 vinales

“Pada awal (2018) saya seharusnya lebih meyakinkan soal keputusan teknis, misalnya, ketika saya diminta untuk mencoba mesin 2016. Saya tidak cukup keras kepala dan Saya harus membayarnya dengan mahal,” tutupnya.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.