Peluang Indonesia Gelar MotoGP Tertutup Sudah!

ktm indonesia

Judulnya fantastis sekaligus dijamin bikin kecewa pecinta balap motor paling populer se-kolong jagad itu. Tapi, apa benar Indonesia sudah tidak punya peluang menggelar balap MotoGP? Jawabannya Iya, Dorna yang mengatakan hal itu.

Yes, Dorna memastikan tak akan ada nama Indonesia dalam daftar tuan rumah MotoGP setidaknya hingga tahun 2021 nanti. Jadi, 3 musim balap ke depan pendam dalam-dalam keinginan sampeyan untuk menyaksikan langsung aksi Marc Marquez dkk. di sini (saya bingung mau nyebut dimana, lha wong memang gak ada sirkuitnya koq).

motogp indonesia

Indonesia itu harus punya sirkuit standar MotoGP dulu, baru boleh memiliki impian jadi tuan rumah. Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Pria asal Spanyol itu meminta Indonesia terlebih dahulu membangun sirkuit yang layak untuk menggelar MotoGP sebelum berbicara mengenai kemungkinan menjadi tuan rumah.

“Hingga 2021, tidak akan ada MotoGP di Indonesia. Anda harus membangun sirkuit terlebih dahulu,” ujar Carmelo Ezpeleta, seperti dikutip dari paddock-gp.com, (16/1/2019).

Ezpeleta bahkan seperti memberi ‘keringanan’ bahwa yang harus dimiliki Indonesia itu tidak harus sirkuit permanen, yang penting seluruh akomodasi tim-tim peserta bisa diakomodir dengan baik. Artinya, sirkuit jalanan saja sudah oke. Tapi, masalahnya jalanan di mana di tanah air sini yang punya kualitas aspal standar tinggi?

Harapan Palsu

Ya, mending sekalian bikin sirkuit baru, kalau merenovasi Sentul memakan biaya besar. Sejak bergulir isu Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP, kita seolah dicekoki informasi yang nyaris dan nyaris. Sebut saja Sentul yang katanya hanya butuh renovasi, bahkan seorang presiden sudah berkunjung ke lokasi, nyatanya hingga kini zonk.

motogp indonesia

Tak lama kemudian dengan sangat meyakinkan seorang Gubernur mengatakan kotanya pasti akan menggelar MotoGP setelah bertemu dengan petinggi Dorna di Sepang. Apa selanjutnya? Zonk kedua. Entah masih dalam proses atau sekedar pede tak berilmu, nyatanya hingga kini gak ada tuh kabarnya.

Terbaru, Sirkuit MotoGP Indonesia akan dibangun di wilayah timur tepatnya di Lombok. Kawasan wisata Mandalika yang terkenal itu diproyeksikan akan berdiri sirkuit megah. Bahkan, masterplan penampakan sirkuitnya sudah beredar di media sosial. Makin meyakinkan setelah Ezpeleta mengunjunginya. Harapan kembali muncul, tapi tentu saja tidak dalam waktu dekat ini. Saran RA, jangan ketinggian deh ngarepnya.

motogp indonesia

Dorna sudah mengunci rapat pintu itu untuk Indonesia hingga 2021. Dengan kata lain, Indonesia boleh kembali mengharap menggelar lagi MotoGP tahun 2022 dan setelahnya. Tapi, penuhi dulu syarat pertamanya, punya sirkuit bagus!

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.