Byson V.3 Resmi Dirilis, No Tromol Lagi!

Hai cak bro… Awal tahun ini Yamaha telah merilis MT-15 yang punya desain keren. Seolah tak mau kalah, Yamaha India juga merilis motor baru yang merupakan facelift dari FZ-S, kalau di Indonesia dikenal dengan nama Byson. Seperti apa penampakan Byson V.3?

Dikutip dari rushlane.com (21/1/2019), FZ-S generasi ketiga atau Byson V.3 kini tampil makin gagah dan macho. Aura Byson gen awal kembali terlihat namun dengan polesan sana-sini hingga menjadi lebih ‘laki’. Jujur, RA suka desain yang terbaru ini.

Byson V.3

Tongkrongan berotot khas Byson yang sempat hilang di versi kedua, kini terlihat lagi. Ditambah desain shroud a la-a la MT series, Byson baru makin gagah dan kekinian. Jika dipasangkan dengan MT-15 bakalan cocok nih. Yang satu versi advance, satunya versi pahe tapi tetap sama-sama gagah.

Byson V.3

Ubahan dari Byson generasi ketiga ini tampak juga pada sektor headlamp. Lampu sudah full LED, desain headlamp juga berbeda kendati menurut RA masih lebih ganteng yang gen pertama. Ada dua cluster di headlamp, yang bawah untuk low beam dan atas untuk high beam.

Byson V.3

Desain tangki juga berubah makin berotot nampak menyatu dengan shroud. Jok tidak lagi model pisah tapi sudah menyatu seperti seri pertama. Subframe belakang juga dimodifikasi untuk kenyamanan boncenger.

Byson V.3

Ketebalan jok ditambah sekitar 5 mm dan penampang luasan bertambah 16%. Yamaha mengklaim revisi ini makin membuat nyaman Byson untuk pengendara dan boncenger.

Berpindah ke kaki-kaki, motor ini sudah dibekali kaki-kaki yang kekar. Ban belakang berukuran 140/70 dan depan 100/80, mirip dengan yang dipakai di MT-15.

Byson V.3

Byson V.3 No Tromol Lagi

Asyiknya, Yamaha sudah membekali si kuda besi ini dengan fitur keamanan rem ABS. Kendati masih satu channel, tapi jelas ini lebih baik dari rem biasa. Rem tromol sudah ditinggalkan, kini Byson V.3 sudah double disc brake.

Byson V.3

Bagaimana dengan spesifikasi mesin alias performanya? Gak usah ngarep muluk-muluk yanamanya Byson gak akan sekencang Vixion atau bahkan MT-15, karena motor ini memang arahnya ke fashion dibanding performa. Tapi cincay lah kalau sudah ada di tangan biker tanah air, dijamin bakalan terbang tuh motor.

Mengusung mesin 149cc, SOHC 2 klep, FI Byson V.3 mampu memuntahkan tenaga puncak hingga 13,2 PS dikitiran mesin 8.500 rpm. Torsinya 12,8 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Tidak superior, tapi enough lah. Irit? 50 km/liter!

Byson V.3

Nah, di India sana harga Byson V.3 ini adalah Rs. 95.000 atau setara dengan Rp18,9 juta. Andaikan nih, andaikan Yamaha Indonesia mau masukkan Byson V.3 ini oke-oke saja asal banderolnya di bawah Rp20 juta. Hitung-hitung ‘nemenin‘ Honda Verza 150 tuh…

Bijimane cak bro, masukkan ke sini?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.