Nomor 69 Hayden Pensiun, Austin Tempatnya!

ktm indonesia

Nomor 69 Hayden Pensiun. Kabar terbaru dari MotoGP 2019 adalah soal keputusan Dorna untuk memberikan penghormatan kepada mendiang Nicky Hayden. Ya, nomor start Kentucky Kid itu akan dipensiunkan di MotoGP Austin 2019!

Ini artinya tak akan ada lagi pembalap yang boleh menggunakan nomor 69 di balapan Austin. Penghormatan untuk legenda balap asal Amerika Serikat itu. Ya, nomor 69 Hayden pensiun, cak tapi hanya untuk seri Austin ya…

Hayden meraih kesuksesan pertamanya kala naik podium di tahun 2003 silam. Saat itu, Hayden meraih podium ketiga di belakang dua pembalap Italia, Max Biaggi dan Valentino Rossi yang keluar sebagai juara dan runner up.

Kemenangan pertamanya dicetak tahun 2005 di hadapan pendukungnya di Mazda Raceway laguna Seca, Amerika Serikat. Dalam duel perebutan juara, Ia sukses mengalahkan rekan senegaranya, Colin Edward (runner up) dan Valentino Rossi.

Puncak karir Hayden terjadi di musim 2006. Tanpa diduga, Hayden sukses merengkuh gelar juara dunia lewat pertarungan ketat dengan the doctor. Hayden sukses mengalahkan Rossi di klasemen akhir dengan jarak 5 poin saja!

Nomor 69 Hayden Pensiun

Hayden terus membalap di MotoGP hingga musim 2015. Honda dan Ducati adalah motor yang digunakannya kala itu. Secara statistik, Hayden memang tidak spesial. Dari 218 start, Ia ‘hanya’ 3 kali menang; sekali di 2005 dan sisanya di 2006 kala merengkuh titel juara dunia.

Ia kemudian meninggal setelah ditabrak sebuah mobil kala bersepeda di Italia tahun 2017 lalu. Nomor 69 Hayden pensiun untuk menghormati sang legenda!

Nomor 69 Hayden Pensiun, Ini Pernyataan Dorna

Suatu kehormatan besar nomor 69 milik Nicky akan dipensiunkan di Austin. Sangat pas hal itu dilakukan di balapan AS, seri yang selalu dinantikan Nicky setiap tahunnya,” ujar Earl, Ayah Hayden seperti dikutip dari motogp.com (24/1/2019).

Saya bangga mengumumkan bahwa nomor 69 akan pensiun dari balap Grand Prix. Nicky Hayden adalah salah satu aset terbesar di paddock ini dan contoh yang fantastis sebagai pembalap di trek maupun di luar,” ungkap Carmelo Ezpeleta.

Grand Prix Red Bull Amerika 2019 akan dilangsungkan pada 12-14 April 2019.

Advertisements