Peluang Lorenzo ‘Rossikan’ Marquez di Honda

ktm indonesia

Jorge Lorenzo Mengungkapkan bahwa Gabung Honda Sama Dengan Gabung Yamaha. Terutama dengan rekan duetnya. Menurut Lorenzo, posisinya kini mirip dengan ketika pertama gabung Yamaha tahun 2008 silam. Bahkan, Lorenzo punya peluang bikin nasib Marquez sama dengan Rossi kala itu.

Lorenzo bergabung dengan Honda setelah hasil kurang memuaskan di Ducati. Ia akan menjadi duet Marc Marquez yang notabene adalah pembalap utama Honda sejak 2013 silam. Kondisi yang mirip kala memutuskan naik kelas di tahun 2008.

peluang lorenzo

Kala itu, Lorenzo menjadi anak baru di garasi Yamaha. Persamaannya, Yamaha kala itu punya pembalap utama bernama Valentino Rossi. Jadi, Lorenzo punya rekan duet yang sama-sama tengah di puncak karirnya, baik Marquez maupun Rossi di masanya.

“Situasi ini sangat mirip dengan ketika saya mulai di MotoGP pada 2008. Saat itu, Valentino berada di puncak kariernya – dia tidak menang musim 2006 dan 2007, tetapi dia selalu berjuang untuk gelar juara dunia dan dia sangat mengenal motornya,” ujar Lorenzo dikutip dari crash.net (25/1/2019).

“Kurang lebih situasinya sama ketika saya datang ke tim baru. Marc rekan tim yang sangat kuat, tahu banyak tentang motornya,” tambah Lorenzo.

Lorenzo Singkirkan Rossi

Sedikit flachback ke musim 2008, Lorenzo muda mencuri perhatian publik MotoGP setelah menjadi rekan duet Valentino Rossi. Rossi kala itu tengah di puncak karir dengan 5 gelar kelas primer. Tentu saja, Lorenzo tidak diperhitungkan memenangi gelar.

peluang lorenzo

Benar saja, di musim itu the doctor sukses merengkuh gelar keenamnya. Lorenzo? Keempat, hasil yang sangat baik untuk sekelas rookie. Ia berjarak 183 poin dari Rossi, 90 dari Stoner dan 59 dari Pedrosa di atasnya.

Kendati hanya menempati posisi keempat, tapi Lorenzo berhasil lebih dulu mempersembahkan kemenangan bagi Yamaha dibanding Rossi. Ia memenangi seri ketiga di Portugal. Hebatnya, Lorenzo selalu naik podium di 3 seri perdana; runner up di Qatar dan podium ketiga di Jerez untuk kemudian menang di Portugal.

peluang lorenzo

Lorenzo mengalami peningkatan pesat musim berikutnya. Kendati gelar kembali direbut Rossi, Lorenzo sukses menduduki posisi runner up kejuaraan. Ia berjarak 45 poin saja dari the doctor. Ia mengoleksi 4 kemenangan berbanding 6 milik Rossi. Lorenzo berpotensi kalahkan Rossi.

Benar saja, di tahun ketiganya bersama Yamaha, Lorenzo akhirnya sukses di puncak dunia. Ia merebut gelar pertamanya tahun 2010 mengalahkan Dani Pedrosa dan Valentino Rossi. Uniknya, di musim itu Marquez juara dunia Moto2. Hasil yang kemudian membuat the doctor merasa dinomorduakan dan hengkang ke Ducati musim berikutnya.

peluang lorenzo

Peluang Lorenzo Kalahkan Marquez

Musim ini, de javu menimpa Lorenzo. Ia bergabung dengan Honda dengan status pembalap underdog di bawah Marquez. Sama halnya saat di Yamaha. Apalagi Ia datang sebagai pembalap gagal, dua musim mengecewakan di Ducati. Lorenzo sendiri tak yakin bisa lengsung mengalahkan Marquez di musim perdananya bersama Honda ini.

peluang lorenzo

Namun, tidak sedikit yang menyebut Lorenzo bisa menjadi ancaman Marquez dalam perburuan titel di musim berikutnya. Selain menjadi satu-satunya pembalap yang bisa mengalahkan Marquez sejak 2013 lalu, Lorenzo kini juga dibekali motor yang sama dengan rekannya itu.

peluang lorenzo

Tentu saja, dengan motor sama, peluang Lorenzo sangat terbuka untuk mengalahkan rekannya itu. Bukan tidak mungkin Lorenzo akan mengulang capaiannya di Yamaha 10 tahun silam. Adaptasi di musim debut, kemudian mengalahkan sang partner hingga menyingkirkannya. Lorenzo bisa ‘me-Rossi-kan’ Marquez!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.