Suzuki MotoGP: Tak Ada Motor Baru Musim 2019

Suzuki digadang-gadang akan menjadi tim yang menakutkan di MotoGP musim 2019 ini. Pasalnya, mereka tampil solid di musim 2018 dengan GSX-RR yang beberapa kali bertarung memperebutkan podium. Namun, Davide Brivio menyebut tak ada motor baru untuk musim ini. Artinya, GSX-RR yang akan digeber Alex Rins dan Joan Mir nanti adalah motor 2018.

Performa Suzuki GSX-RR musim lalu memang luar biasa. Kendati belum meraih kemenangan, namun beberapa kali dua pembalap mereka mampu merepotkan Honda dan Ducati. Beberapa analis bahkan menyebut GSX-RR sudah menjadi saingan kuat Yamaha YZR-M1.

suzuki motogp

Tes Sepang awal Februari nanti menjadi jawaban rasa penasaran seperti apa GSX-RR musim 2019 nanti. Namun, Brivio segera memperingatkan dua pembalapnya itu bahwa tak ada motor baru musim ini.

suzuki motogp

Dilansir dari paddock-gp.com (27/1/2019), Brivio menjelaskan soal ketiadaan motor baru Suzuki memasuki musim 2019. Namun, Ia memastikan akan meningkatkan performa GSX-RR dari sisi sasis dan mesin.

“Pada 2019, kita tidak akan memiliki motor baru. Namun kami akan berupaya meningkatkan mesin dan sasis dari GSX-RR yang ada,” ujar Brivio.

“Sejauh ini kami telah mencoba versi baru mesin, yang dirancang untuk memberi kami lebih banyak tenaga dan kecepatan, dan kami perlu memahami bagaimana ini akan mempengaruhi keseimbangan motor,” tambahnya.

suzuki motogp

Suzuki MotoGP: Podium dan Konsesi

Dua pembalap Suzuki tampil mempesona di musim 2018 lalu. Kombinasi GSX-RR dengan Andrea Iannone dan Alex Rins berhasil menghadirkan 9 podium; 5 untuk Rins dan 4 untuk Iannone.

Hasil itu membawa konsekuensi hilangnya status keistimewaan Suzuki di MotoGP 2019. Status tim pabrikan dengan konsesi yang memiliki berbagai keistimewaan, salah satunya bebas mengembangkan mesin di musim berjalan, akhirnya harus dilepas Suzuki.

suzuki motogp

Suzuki akan menjalani musim 2019 sebagai tim pabrikan sejati; tanpa pengembangan mesin sepanjang musim, jumlah mesin yang dipakai makin sedikit hingga pembatasan waktu uji coba. Di sinilah tantangan sebenarnya bagi insinyur Hamamatsu untuk tetap membawa GSX-RR kompetitif.

Ingat, Suzuki punya pengalaman buruk dengan status tanpa konsesi. Lihat bagaimana mereka ‘tersiksa’ di musim 2017 lalu. Diperkuat Iannone dan Rins, prestasi keduanya mentok finish keempat. Selebihnya, papan tengah ke belakang seakan akrab.

suzuki motogp

Padahal, musim sebelumnya mereka mampu mencuri kemenangan melalui Maverick Vinales dengan total 4 podium (semua oleh Vinales). Musim 2016 Suzuki masih berstatus tim pabrikan dengan konsesi. ‘Gara-gara’ prestasi Vinales itulah status konsesi lepas di musim 2017.

suzuki motogp

Jadi, apakah ‘tragedi’ 2017 akan kembali menimpa Suzuki di 2019 ini atau sebaliknya, tampil makin mempesona? Kita tunggu saja mulai Maret mendatang di seri pembuka Qatar.

Advertisements