Tim Petronas Yamaha Meluncur, Underdog Yang Ambisus!

Tim Petronas Yamaha SRT menjadi tim ketiga yang meluncurkan skuad dan livery di MotoGP 2019. Presentasi dihelat di Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur, Malaysia pukul 15:30 waktu setempat atau 14:30 WIB pada Senin (28/1/2019). Tim satelit Yamaha itu tampil dengan warna kombinasi hitam-tosca khas warna kebesaran perusahaan minyak kebanggaan Malaysia itu.

Hadir pada presentasi tim dua pembalap utama mereka, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Keduanya mengenakan racing suit yang setipe dengan yang digunakan tim SIC di Moto2 dan Moto3. Launching Yamaha Petronas berlangsung meriah.

tim petronas yamaha

Untuk motor yang digunakan Morbidelli menggunakan Yamaha M1 ‘spek A’ sama dengan yang dipakai Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Sedangkan Quartararo pakai M1 ‘spek B’ yakni M1 versi 2018.

Berbicara di pembukaan, CEO Razlan Razali menceritakan transformasi tim dari sebuah ide menjadi kenyataan hanya kurang dari enam bulan. Sedangkan, berbicara target, Razali menginginkan Yamaha Petronas SRT tim satelit terbaik di debutnya sebagai rookie team.

tim petronas yamaha

Sebuah ambisi yang besar dari tim baru. Laman crash.net (28/1/2019) bahkan menyebut sebagai tim ‘ambitious underdog’ alias tim underdog yang ambisius. Masuk akal jika Petronas SRT disebut ambisius, pasalnya mereka sukses ‘memaksa’ Yamaha ‘memberikan’ mereka Yamaha M1 spek A. Padahal, 20 tahun bekerjasama dengan Tech 3, Yamaha tidak pernah menurunkan M1 spek A ke tim satelitnya itu.

Walaupun Petronas Yamaha tim baru dan tidak diunggulkan, kami punya ambisi besar dengan target kami,” kata Razali. “Penting untuk memulai dan tampil di tahun pertama kami dengan baik bersama dua pembalap kami, Franco dan Fabio.”

Petronas SRT merupakan ekspansi Malaysia di MotoGP untuk 2019. Mereka mengambil alih peran tim satelit Yamaha dari Tech 3. Untuk manajemen, mereka mengakuisisi tim Aspar atau Angel Nieto.

Tim Petronas Yamaha Terbesar

Tidak hanya memperkenalkan tim MotoGP, namun Petronas Yamaha SRT juga memperkenalkan tim Moto2 dan Moto3. Di Moto2 mereka hanya mengandalkan Khairudin Pawi dan di Moto3 ada duet Ayumu Sasaki dan John McPhee.

tim petronas yamaha

Tampilnya tim Petronas SIC di tiga kelas sekarang menjadi tim non-pabrikan terbesar di paddock. “Kami telah berkembang menjadi sebuah tim dengan lebih dari 50 orang di lebih dari 10 negara. Pembalap kami mewakili lima negara di Malaysia, Italia, Prancis, Jepang, dan Skotlandia,” tutup Razali.

tim petronas yamaha

Sumber gambar: sicracingteam.com

Advertisements