Shakedown Test Sepang Kesempatan KTM dan Aprilia

Hari ini sudah memasuki bulan Februari nih, cak. Yang kata para alay disebut bulan kasih sayang, namun buat penggemar balap motor, Februari artinya MotoGP makin dekat. Di bulan ini akan ada tiga tes pramusim MotoGP, dua kali di Sepang dan terakhir di Qatar. Dimulai dengan shakedown test di Sepang!

Shakedown test atau terjemahan bebasnya sebagai pra-test atau tes pembuka sebelum tes resmi 6-8 Februari. Tes ini akan dimulai hari ini hingga 3 Februari mendatang. Ini sekaligus menandakan masa larangan melakukan ujicoba MotoGP 1 Desember – 31 Januari telah selesai.

Shakedown Test: Kesempatan Tim Pabrikan Dengan Konsesi

Dua tim dengan konsesi musim ini, KTM dan Aprilia tentu akan memanfaatkan momen ini. KTM misalnya dua pembalap mereka akan menjajal RC16 namun baru di hari kedua. Hari pertama tes akan dilakukan oleh Mika Kalilo sebagai test rider pabrikan Austria itu. Sayang, Dani Pedrosa masih belum bisa turun karena masih pemulihan cedera.

shakedown test

Alokasi waktu tes yang cukup panjang serta cuaca dan kelembaban Sepang yang cukup tinggi akan menguras tenaga dan fisik pembalap. Sehingga KTM baru akan menurunkan pembalap utamanya di hari kedua dan ketiga. Hal serupa juga dilakukan Aprilia.

Tim asal Italia itu justru baru menurunkan dua pembalap utamanya di hari terakhir dengan beberapa lap saja. Dua hari pertama adalah panggung untuk test rider mereka, Bradley Smith untuk menjajal RS-GP.

shakedown test

Shakedown Test: Diikuti Tim Satelit

Tidak hanya tim pabrikan, tim satelit rasa pabrikan, KTM Tech 3 juga akan turun di Sepang. Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira akan mendapatkan kesempatan mengenal lebih dekat dengan tunggangan. Keduanya akan turun marathon 3 hari plus 3 hari di tes resmi beberapa hari kemudian.

shakedown test

“Kami punya enam hari pengujian di Sepang, jadi saya berharap energi saya tetap 100%,” kata bintang rumah Syahrin dikutip dari crash.net (31/1/2019). Hal yang sama dikatakan sang partner.

“Enam hari mungkin agak lama, tapi bagus bagi kita untuk lebih memahami motor dan mencoba segalanya, bagian-bagian, dan menjadi … ‘ready to race‘,” ungkap Oliveira.

Shakedown Test Untuk Tim Pabrikan

Shakedown test boleh diikuti seluruh tim, namun hanya tim pabrikan dengan konsesi yang boleh menurunkan pembalap utamanya. Jadi, Honda, Ducati, Yamaha dan Suzuki hanya boleh menurunkan test rider.

shakedown test

Mereka baru akan total di tes resmi sebenarnya tiga hari pasca Shakedown Test di tempat yang sama. Tes pramusim terakhir tim-tim MotoGP akan dilangsungkan di Losail, Qatar 23-25 Februari. Musim reguler akan dimulai 10 Maret di tempat yang sama.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.