Sepang Shakedown Test: GSX-RR Dari Planet Lain!

Pembalap BSB Ini Sebut GSX-RR Motor Dari Planet Lain. Salah satu peserta Sepang Shakedown Test dari Suzuki Ecstar adalah Bradley Ray. Ray merupakan pembalap British Superbike (BSB) yang mendapat kesempatan langka menggeber Suzuki GSX-RR di hari ketiga shakedown. Bagaimana impresi sang pembalap untuk pertama kalinya menggeber motor prototype MotoGP?

Sepang Shakedown Test menjadi sesi pembuka tes pramusim di tahun 2019. Ini semacam tes pembuka menuju tes pramusim MotoGP 2019 beberapa hari kemudian di tempat yang sama. Pada sesi ini seluruh tim boleh ikut namun hanya tim-tim non pabrikan sejati yang boleh menurunkan pembalap utama.

Suzuki GSX-RR

Suzuki termasuk yang dilarang menurunkan pembalap utamanya, sehingga mereka menurunkan pembalap penguji Sylvain Guintoli. Nah, seperti kebiasaan sebelumnya yang sering memberi kesempatan kepada pembalap lain dari Suzuki Family (berkompetisi di selain MotoGP), kali ini Suzuki pun melakukannya. Adalah Bradley Ray yang mendapat kesempatan emas itu. Apa impresinya

Sepang Shakedown Test: GSX-RR Dari Planet Lain

“Itu benar-benar berbeda dari apa pun yang saya naiki selama karir saya, tetapi itu tidak mengintimidasi saya,” ungkap Ray di laman gpone.com (3/2/2019).

Sebelum menggeber GSX-RR, untuk mempelajari lay out Sepang, Ray menggeber GSX-R tim Yoshimura. Kemudian, Ia baru merasakan sensasi GSX-RR 1000. Seketika, rasa takjub langsung menyelimutinya.

Sepang Shakedown Test
Bradley Ray takjub dengan GSX-RR

“Kemudian saya mengendarai GSX-RR. Ini sangat menakjubkan. Itu sesuai dengan kekuatan, Anda harus berjuang untuk menjaga roda depan tetap di aspal,” jelas Ray tidak bisa menyembunyikan kekagumannya.

“Pergantian gigi sangat cepat, Saya belum pernah melakukannya di kecepatan yang sangat tinggi. Kendati pernah menggunakan motor kelas dunia lainnya seperti di Suzuka 8 Hours, tapi motor ini (GSX-RR) seperti datang dari planet lain,” tambah Ray.

Namun, Ray menyebut GSX-RR sebagai motor yang halus dan nyaman untuk dikendarai, jauh di atas ekspekstasinya.

Sepang Shakedown Test
Aksi Bradley Ray di British Superbike Donington Park

“Tetapi saya harus mengakui bahwa motor ini cukup mulus untuk dikendarai, lebih dari yang saya harapkan,” ujarnya.

Ray menggunakan GSX-RR dengan spek yang sama dengan yang dipakai Guintoli. Hanya, Ia tidak diijinkan menggunakan ban MotoGP karena akan digunakan saat tes resmi mendatang. Ray menggunakan ban produksi massal. Tapi, Ia tak peduli.

“Saya menggunakan ban produksi massal, tapi itu tidak samalah. Saya sudah kadung kagum dengan setiap aspek motor ini” tutupnya.

Sepang Shakedown Test
Aksi Bradley Ray di British Superbike Donington Park

Tidak ada catatan resmi yang ditorehkan Bradley Ray di hari ketiga Sepang Shakedown. Hanya ada raihan dari Guintoli dan Tsuda untuk motor Suzuki. Guintoli mencetak fastest lap 1:02,417 atau hampir 2 detik di belakang pembalap tercepat, Aleix Espargaro. Sedangkan Tsuda mencetak 1:03,701.

Advertisements