Kenapa Yamaha Pilih Indonesia Launching Tim MotoGP?

Kenapa Yamaha pilih Indonesia? Untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, Yamaha memilih Indonesia sebagai lokasi peluncuran tim MotoGP. Peluncuran sebuah tim sekelas MotoGP pasti akan menyedot atensi dunia. Secara tidak langsung nama Indonesia akan dikenal dunia. Nah, yang bikin penasaran mengapa Yamaha memilih Indonesia, bukan Spanyol seperti biasanya?

Dengan nama resmi Monster Energy Yamaha MotoGP Team, Valentino Rossi dan Maverick Vinales membuka selubung YZR-M1 edisi 2019. Nuansa gelap mendominasi setelah biru gelap khas Yamaha berpadu dengan warna hitam Monster Energy. Pecinta dan pengamat balap motor dunia langsung tertuju ke panggung launching yang dikomandoi salah satunya Lucy Wiryono.

kenapa yamaha pilih indonesia

Mengapa Indonesia?

Pertanyaan di atas muncul ketika Iwata menunjuk Indonesia sebagai lokasi peluncuran tim menyambut musim 2019. Padahal, sejak 2015 lalu Yamaha selalu memilih Spanyol sebagai lokasi peluncuran. Justru sang rival, Repsol Honda yang selalu memilih Indonesia di periode tersebut.

kenapa yamaha pilih indonesia

Selidik punya selidik, ternyata setidaknya ada 3 alasan utama mengapa Yamaha memilih Indonesia.

Fans MotoGP Terbesar

Pertama, Yamaha memandang Indonesia sebagai negara dengan fans MotoGP yang besar. Bukan rahasia lagi kalau pecinta balap tanah air sangat antusias dengan MotoGP. Coba sampeyan lihat ‘perseteruan’ fans Rossi dan fans Marquez di media sosial, adu komen, adu bacot hingga adu opini yang kadang di luar nalar begitu mendominasi.

kenapa yamaha pilih indonesia

Bahkan jika ada gelaran MotoGP di negeri tetangga Malaysia, fans MotoGP asal Indonesia berbondong-bondong memenuhi tribun penonton. Kurang antusias apa coba? Gambar di atas ketika ada nobar MotoGP di Karawang, lautan manusia, cak!

Hal inilah yang dipandang Yamaha sebagai nilai plus Indonesia. Mereka tidak hanya meluncurkan tim, tapi sekaligus mengambil hati masyarakat di tanah air untuk mendukung mereka. Ya, sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui.

Market Yamaha Terpenting

Kedua, Indonesia adalah pasar motor Yamaha terpenting di dunia. Ya, Yamaha Indonesia ditunjuk Yamaha Global untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor mereka di pasar global. Alhasil, YIMM saat ini menjadi eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group, dan juga terbesar di industri sepeda motor Indonesia.

kenapa yamaha pilih indonesia

Tidak heran jika Yamaha memprioritaskan Indonesia sebagai ‘anak tersayang’ salah satunya dengan cara menjadikannya lokasi peluncuran tim MotoGP.

Sponsorship

Ketiga, sponsorship baru Yamaha mulai musim 2019. Tim Yamaha MotoGP baru saja meningkatkan kerjasama dengan Monster Energy Drink ke tahap sponsor utama. Sebelumnya Monster Energy memang sudah menjadi sponsor Yamaha, tapi bukan sponsor utama.

kenapa yamaha pilih indonesia

Monster Energy menggantikan Movistar sebagai sponsor utama Yamaha. Alhasil, kini Yamaha lebih bebas memilih lokasi peluncuran tim dibanding saat masih bersama Movistar. Movistar adalah brand asal Spanyol, jadi mereka seperti ‘mengharuskan’ Yamaha launching di Spanyol. Hal itu sudah dilakukan sejak 2015 hingga 2018 lalu.

Advertisements