Fabio Quartararo Dapat YZR-M1 Spek 2019, Yamaha Ngamuk!

Quartararo, Sepang MotoGP tests, February 2019

Fabio Quartararo Dapat YZR-M1 Spek 2019! Wow… Dua pembalap tim satelit mereka semuanya akan mendapatkan motor spek setara pembalap pabrikan. Ya, jika Franco Morbidelli memang sejak awal akan mendapatkan M1 2019, terbaru Fabio Quartararo juga diberi M1 2019. Yamaha ngamuk, cak.

Awalnya, Quartararo akan menggeber YZR-M1 spek 2018 atau setahun lebih tua, dan ini wajar sebagai tim satelit. Namun, rupanya Yamaha punya pertimbangan lain, pembalap Prancis itu juga akan diberi motor spek terbaru setara yang digunakan Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

fabio quartararo

Kabar tersebut blog ini dapatkan dari motorsport.com (7/2/2019). Tapi, kendati mendapatkan spek terbaru, M1 Quartararo tetap tidak akan sama dengan M1 Morbidelli. Maksudnya, untuk upgrade part dan sebagainya, prioritas tetap untuk Morbidelli. Quartararo akan mendapatkannya setelah dua balapan usai digunakan Rossi dan Vinales.

fabio quartararo

Nampaknya musim ini Yamaha benar-benar ngamuk alias habis-habisan. Mereka memanfaatkan betul keseriusan Petronas untuk mengumpulkan data M1 sebanya-banyaknya, tentu saja M1 spek terbaru. Indikasinya ya apa yang diperoleh Quartararo ini. Quartararo boleh jadi akan menjadi kelinci percobaan sebenarnya. Indikasinya, jumlah mesin yang diperolehnya akan lebih sedikit dibanding Morbidelli.

Mesin juga dikurangi limiter rpm-nya untuk menyiasati usia pakai lebih lama. Ini menunjukkan Yamaha melakukan eksperimen pengembangan mesin di tim satelit. Sebenarnya ini sesuatu yang biasa di MotoGP, tim satelit sebagai laboratoriumnya tim pabrikan, tapi buat Yamaha ini sesuatu yang baru. Selama bekerjasama dengan Tech 3, hal ini tidak pernah terjadi

Tanggapan Petronas Yamaha

Sementara itu, Petronas Yamaha diwakili team manager, Wilco Zeelenberg, mengaku senang dengan keputusan Yamaha ini. Ia menyebut Yamaha sudah merubah pola pikirnya.

“Bahwa Fabio bakal mendapat Yamaha spesifikasi 2019 adalah pertanda bagus, menunjukkan pola pikir Yamaha. Itu sesuatu yang mengejutkan, bahkan bagi Petronas,” beber Zeelenberg.

Mengenai terbatasnya upgrade dan jumlah mesin yang diperoleh pembalapnya, Zeelenberg menyebutnya normal sebab Quartararo masih menjalani musim adaptasi, jadi proses adaptasi dengan motor dan suasana kompetisi menjadi lebih penting dibanding sekedar kencang.

fabio quartararo
Quartararo, Sepang MotoGP tests, February 2019

Di hari pertama tes Sepang, Morbidelli menempati posisi ke-12, tertinggal sekitar 0,8 detik dari Marquez. Sedangkan Quartararo di posisi 18.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.