Ternyata Rossi Pakai Ban Bekas, Kenapa Ya?

ktm indonesia

Valentino Rossi mengakhiri tes Sepang hari kedua di posisi keenam, sama dengan hari pertama. Ia menghabiskan 51 lap dengan catatan waktu terbaik 1:59,625 terpaut 0,728 detik dari sang partner, Maverick Vinales yang tampil tercepat. Mengapa ada gap hingga nyaris 1 detik di antara keduanya? Mungkin fokus Rossi di hari kedua ini bisa menjadi jawaban.

Masalah besar Yamaha M1 dua musim terakhir adalah adaptasi elektronik yang tidak mulus. Salah satu dampaknya adalah konsumsi ban yang sangat boros sehingga ketika ban mulai habis, performa M1 langsung drop. Indikasinya adalah M1 ngacir banget saat ban baru, namun beberapa lap kemudian langsung drop dan dengan mudah disalip rival.

Nah, fokus Rossi di hari kedua kemarin adalah di penggunaan ban bekas. The Doctor mencoba memahami karakter M1 dengan menggunakan ban bekas. Namun, sayangnya kondisi cuaca yang sangat panas membuatnya tidak melakukan simulasi balap alias long run.

“Saya lebih sering menggunakan ban bekas, namun saya tidak melakukan long run, terlalu panas. Kami berhenti, memulai (lagi), menggunakan ban bekas,” ujar Rossi dikutip dari motorsport.com (7/2/2019).

rossi pakai ban bekas

Kendati begitu, pembalap yang akan berusia 40 tahun pada 16 Februari mendatang itu optimis dengan perkembangan motor tunggangan. Ia merasa hasil tes kali ini lebih baik dibanding tahun lalu. Namun memang soal simulasi balap yang agak disayangkan tidak bisa dilakukan. Padahal itu penting untuk mengetahui lebih detil konsumsi ban bekas saat balapan.

Tentu, untuk memastikannya kami harus melakukan (simulasi) balapan, kami harus melakukan 20 lap. Namun suhunya harus 20 derajat lebih rendah,” ungkapnya sambil tertawa.

Benarkah Hanya Fokus ke Ban Bekas?

“Tapi hari ini cukup positif, kami terus bekerja untuk meningkatkan ini, ban, grip belakang, bagi saya tidaklah buruk. Hari ini juga saya menemukan sesuatu yang cukup bagus,” tambahnya.

Sebenarnya fokus Rossi tidak benar-benar hanya di penggunaan ban bekas. Pendiri VR46 Academy itu menyebut area mesin, engine braking, akselerasi hingga elektronik untuk mengendalikan slide dan sasis untuk grip.

rossi pakai ban bekas

Yaelah, ini sih banyak fokus hahaha



Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.