Simulasi Balap, Vinales Kalahkan Pembalap Ducati

ktm indonesia

Simulasi Balap, Vinales Kalahkan Pembalap Ducati. Empat pembalap Ducati menorehkan catatan waktu fantastis di hari terakhir tes Sepang. Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, Jack Miller dan Andrea Dovizioso berurutan mengisi slot teratas. Keempatnya, bersama Maverick Vinales (P5) dan Cal Crutchlow (P6), berhasil mengobrak-abrik rekor lap Sepang atas nama Jorge Lorenzo.

Tapi, catatan waktu itu merupakan hasil dari single lap, jadi tidak mewakili gambaran race umumnya yang harus menggeber si kuda besi lebih dari 20 lap. Nah, untuk melihat gambaran terdekat kondisi saat balapan bisa dilihat dari catatan waktu saat melakukan simulasi balap (long run).

simulasi balap

Simulasi balap saat tes pramusim dapat dijadikan tolok ukur dalam hal performa pembalap. Terutama melihat apakah catatan waktu konsisten selama menempuh banyak lap dan bagaimana ritme di lintasan.

Long run biasanya dilakukan di hari terakhir tes. Tapi, sekali lagi ini tidak tentu bergantung pada strategi dan rencana pembalap dan tim saat melakukan tes.

Nah, di hari terakhir Tes Sepang kemarin, beberapa pembalap melakukan hal tersebut. Hal itu bisa dilihat dari catatan waktu mereka yang melaju lebih dari 10 putaran untuk sekali melaju di lintasan.

Simulasi Balap Hanya Dilakukan Oleh Empat Pembalap

Dari data analisis laptime di motogp.com (8/2/2019), dari empat pembalap Ducati di top 5, hanya Jack Miller yang melakukannya. Pembalap Alma Pramac asal Australia itu melakukan simulasi balap pada putaran 31 hingga 47 (16 lap).

Pembalap lain yang melakukannya adalah Vinales di putaran 52 hingga 70 atau selama 19 lap. Stefan Bradl, test rider Honda, juga melakukannya selama 13 lap. Rookie Petronas Yamaha Fabio Quartararo juga melakukan pada putaran 39 sampai 55.

simulasi balap

Jadi, dari 26 pembalap yang mengikuti tes hari terakhir, hanya 4 pembalap yang melakukan long run. Lalu, bagaimana hasil keempat pembalap tadi? Simak grafis berikut:

simulasi balap

Nah, dari data di atas di atas, bisa dilihat jika Vinales memiliki pace yang paling cepat dibanding Miller, Bradl dan Quartararo. Jika mengabaikan laptime 2:08 dan 2:04, Vinales mencetak laptime di kisaran 1:59 dan 2:00. Apakah ini berarti Vinales sudah siap untuk balapan pembuka di Qatar? Masih ada 3 hari tes terakhir sebelum menjawab itu yakni di Losail 23-26 Februari mendatang.

Kita lihat nanti simulasi balap para calon peraih titel kejuaraan musim 2019, selain Vinales kita tunggu dari Rossi, Marquez, Dovizioso, dan tentu saja Jorge Lorenzo!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.