Livery Tech 3 Dan Toro Rosso F1 Sama, Bukan Kebetulan!

Pada peluncuran tim KTM MotoGP Rabu kemarin di Mattighofen, Austria, tidak lupa juga dipamerkan livery baru Tech 3. Tim satelit baru KTM ini memiliki livery biru-silver-orange yang sepintas mirip dengan livery tim F1, Scuderia Toro Rosso. Dan, ternyata itu bukan kebetulan. Ada alasan dibalik livery anyar Tech 3 itu.

Line up KTM menghadapi musim balap grand prix 2019 sudah jembreng dipamerkan di markas mereka, Rabu (13/2/2019). Mereka akan punya 2 tim di kelas tertinggi, MotoGP yakni Red Bull KTM sebagai puncak dari seluruh line up serta Tech 3 sebagai tim satelit.

Untuk livery Red Bull KTM, tidak banyak perbedaan dengan musim sebelumnya. Warna khas orange-hitam-merah masih hadir. Yang menarik justru livery Red Bull KTM Tech 3 yang lebih segar dengan paduan biru-orang-silver.

livery tech 3

Livery tersebut serupa dengan tim F1 Scuderia Toro Rosso. Red Bull Motorsports Manager, Thomas Uberall mengatakan, kesamaan warna antara Tech 3 dan Toro Rosso bukanlah kebetulan. Skuat diharapkan bisa menciptakan pembalap berbakat, seperti Sebastian Vettel, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen.

livery tech 3

Yes, Red Bull sebagai sponsor utama KTM, juga menjad sponsor tim F1 Red Bull Racing. Mereka punya ‘tim satelit’ bernama Scuderria Toro Rosso yang memang fungsinya sebagai ‘sekolah’ bagi pembalap muda. Jika sudah matang, mereka akan direkrut tim utama untuk bertarung di level juara.

Hal ini nampaknya yang ingin ditiru Red Bull di MotoGP. Mereka sangat serius menggarap dunia balap roda dua ini. Buktinya, KTM mereka gandeng plus sekaligus mensponsori tim satelitnya, Tech 3. Goalnya adalah mencetak pembalap level juara untuk bertarung dengan tim utama KTM di masa depan.

“Kami sudah membuktikan membuktikannya di roda empat, dan sekarang kami melakukan sesuatu yang hampir persis sama di MotoGP. Semoga ini menjadi jaminan kesuksesan kami di masa depan, dan dalam waktu juara dunia pertama kelas di kelas premier MotoGP,” ujar Uberall seperti dikutip dari motorsport.com (13/2/2019).

Target 10 Besar

Sementara itu, podium pertama KTM di MotoGP oleh Pol Espargaro di Valencia lalu menumbuhkan optimisme di markas Mattighofen. Namun, mereka membuat target realistis di musim 2019 ini.

CEO KTM, Stefan Pierer menetapkan target 10 besar. “Ini program lima tahun, dan pada akhirnya kami ingin melihat podium. Untuk musim yang akan datang, saya ingin melihat peringkat satu digit. Saya kira itu realistis,” ungkapnya.

livery tech 3

Target tersebut nampaknya cukup berat jika hanya mengacu pada hasil tes Sepang minggu lalu dimana Zarco dan Pol hanya menempati posisi 17 dan 18. Tapi, asa masih bisa dibangkitkan di tes pramusim terakhir di Losail, Qatar pekan depan.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.