Pramusim Vinales Sempurna, Menang? Tunggu Dulu!

Maverick Vinales sukses menyapu bersih ‘kemenangan’ di seluruh sesi tes pramusim tahun 2019 ini. Top Gun berhasil tampil tercepat di Valencia, Jerez, Sepang dan terkini di Qatar. Namun, Ia tetap berharap Yamaha meningkatkan sektor ini jika kemenangan sebenarnya di race ingin dicapai.

Spaniard yang kini memilih nomor 12 tampil kuat sepanjang sesi tes pramusim. Dikutip dari motogp.com (27/2/2019), Ia tampil tercepat di dua hari tes Valencia dengan catatan terbaik 1:30,757. Di Jerez Ia mengulanginya lagi dengan meraih fastest lap 1:37,945. Di pramusim pertama tahun 2019, Sepang, Vinales tercepat di hari kedua dan hanya kalah tipis dari Danilo Petrucci di hari ketiga.

Terakhir, di tes terakhir Qatar Vinales tampil terkencang di hari pertama dan ketiga. Overall dengan 1:54,208 Ia berhasil keluar sebagai yang tercepat. Vinales pun mengklaim Yamaha M1 2019 ini merupakan Yamaha terbaiknya sejak bergabung 2017 silam.

Namun, Vinales memperingatkan bahwa akselerasi tetap menjadi masalah M1. Peningkatan sektor ini bisa memberikan peluang lebih besar bagi Yamaha untuk menang. Pasalnya, kendati akselerasi masih kurang bagus, Yamaha masih bisa menutupinya dengan sektor pengereman yang makin prima.

pramusim vinales

“Pertama-tama, kami perlu meningkatkan sisi akselerasi dan kemudian kami akan siap,” tegas Vinales seperti dilansir dari motorsport.com (26/2/2019).

“Balapan berikutnya akan menjadi sangat penting bagi kami terutama untuk melihat apakah kami dapat mengatasi masalah grip. Jika kami ingin bertarung untuk meraih kemenangan, kami perlu mendapat grip lebih banyak,” tambahnya menjelaskan.

Masih ingat bagaimana dalam dua musim ke belakang, pabrikan garpu tala ini begitu bermasalah dengan grip ban. Akibatnya, akselerasi menjadi titik paling lemah M1, apalagi saat ban sudah mulai terdegradasi. Kompensasinya adalah rekor baru 25 kali gagal menang di kalender MotoGP 2017-2018.

Sudah Meningkat, Tapi Belum Cukup

Tapi, bukan berarti jelang musim 2019 ini Yamaha M1 tidak mengalami peningkatan. Vinales menyebut akselerasi sudah meningkat, namun masih belum cukup untuk meraih kemenangan. Apalagi, hingga kini masalah klasik Yamaha yakni top speed yang letoy belum juga ditemukan solusinya.

“Kami banyak meningkat di area itu dibanding tahun lalu. Pada sisi akselerasi, kami masih kami sedikit tertinggal dari kompetitor, tapi kami harus terus berjalan,” tutupnya.

pramusim vinales
Advertisements