Misal NMax Facelift Begini, Gimana Cak?

Artikel ini terinspirasi dari tulisannya mas Sucahyo. Sesuai judulnya, Misal NMax Facelift Begini, Gimana Cak? Nah, “begini” yang dimaksud adalah skutik maxi dari Taiwan, Kymco. Kymco CT250 adalah maxi scooter dengan desain yang bisa menjadi inspirasi NMax facelift. Apa saja yang menarik dari CT250?

Yamaha Indonesia nampak sangat galau dengan NMax 155. Maxi skutik tersukses mereka sejak 2015 silam, bahkan akhirnya menjelma menjadi skutik tersukses menggeser Mio series. Usia 4 tahun bagi produk motor di jaman sekarang dirasa sudah sangat lama, artinya peremajaan sudah dibutuhkan, peremajaan fitur, teknologi, performa bahkan desain.

Nah, desain seharusnya menjadi concern utama Yamaha untuk NMax facelift nanti. Pasalnya, dengan desain saat ini sudah sukses, sedangkan tuntutan perubahan sebagai syarat tidak resmi dari produk facelift juga diperlukan. Salah desain, dijamin market akan redup. X-Ride, Byson hingga Vixion sudah bisa dijadikan pelajaran bagi Yamaha soal itu.

Kymco CT250 Cocok Sebagai Kiblat NMax Facelift

Tapi, kalau Yamaha mau ada nih Kymco CT250 yang bisa dijadikan petokan. Tentu saja jangan ditiru plek, ambil saja beberapa bagian dari desain atau fitur CT250 lalu ‘cangkokkan’ ke NMax facelift.

nmax facelift

Jika dilihat dari gambar di atas(belum lihat wujudnya langsung), CT250 ini sangat pas (bayangkan saja deknya tidak rata ya). Tentu saja menurut RA lho ya… dan sangat pas misal nantinya akan diadopsi NMax. Lho koq niru CT250? Mosok niru PCX? xixixixi….

Dari depan, garis desain batok hingga bodi samping ke pijakan kaki sangat dinamis. Pas, tidak terlalu merongos dan NMax banget. Sekali lagi, imho ya…

Bodi belakang dari bawah tempat duduk juga mengalir, tidak berlebihan. Terasa pas. Behel belakang sudah oke, seirama dengan jok boncenger. Namun, jangan adopsi behel tanduknya, nyusahin buat boncenger, bahkan buat biker sendiri. Gak percaya? RA sudah ngalami di New SoulGT 125, asli lebih banyak gak asyiknya.

nmax facelift

Oke, kalau desain Kymco CT250 ini pokoknya pas jika dijadikan rujukan oleh Yamaha untuk NMax facelift. Lalu, bagaimana dengan fitur?

Fitur Kymco CT250

Mulai dari headlamp, LED sudah sebuah keharusan, lebih tepatnya full LED untuk seluruh penerangan. Namun, jika ada lampu DRL, NMax facelift akan lebih asyik. Belum ada skutik lain yang pakai DRL di Indonesia. Jadi, fitur AHO digantikan DRL (daylight running light). Eh tapi, kira-kira akan kebentur peraturan perundang-undangan gak ya?

nmax facelift

Lampu belakang kayaknya oke juga nih misal diaplikasikan ke NMax facelift. Sama-sama membulat dengan NMax lawas, namun ada sentuhan ukuran stoplamp merahnya yang lebih sipit. Boljug nih…

nmax facelift

Kemudian, fitur berikutnya yang wajib ada adalah charger HP. Peletakannya bisa meniru CT250 yakni di stang bagian tengah. Kebetulan di NMax, stang tengah kan kosong tuh, dibikin tempat charger hp oke juga.

nmax facelift

Nah, berikutnya adalah speedometer. Speedometer digital dengan MID jelas adalah tren saat ini. Rasanya NMax facelift pasti akan mengaplikasikannya. Namun, bagaimana kalau dikombinasikan dengan model analog? Lebih gagah bukan?

nmax facelift

Fitur-fitur lainnya mungkin bisa dilihat di gambar berikut:

nmax facelift
fokus ke gambar kanan atas, yes itu adalah penahan jok ketika dibuka. Oke juga…
nmax facelift
footstep model tekan, terbuka saat ditekan
nmax facelift
tuas rem bisa disetel
nmax facelift
gagang spion model baru kek gini, bosa gitu-gitu saja…

Atau bagaimana kalau NMax facelift nantinya seperti ini?

nmax facelift
kalau karyanya mas joe ini memang selalu ajib
Advertisements