MotoGP Finlandia Terancam, Indonesia Harus Hati-Hati!

MotoGP Finlandia Terancam, Indonesia Harus Hati-Hati! Indonesia akhirnya berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan impian pecinta balap motor nasional dengan kepastian akan menggelar MotoGP mulai 2021. Namun, kendati sudah menandatangani kontrak selama 5 tahun, tidak ada jaminan 100% balap MotoGP pasti digelar. Finlandia dan Wales bisa menjadi contoh.

Kabar terbaru dari negara di belahan bumi utara itu menyebutkan bahwa Sirkuit KymiRing terancam batal menjadi tuan rumah MotoGP Finlandia tahun 2020 nanti. Indikasinya bisa dilihat dari kegagalan mereka menyelenggarakan ujicoba sekaligus proses homologasi sirkuit yang rencananya Agustus mendatang.

MotoGP Finlandia Batal Gelar Uji Coba

MotoGP sedianya melakukan uji coba di KymiRing pada 28-29 Agustus mendatang, demi lolos homologasi dan sekaligus mengetes tingkat keselamatan trek. Dilansir dari motorsport.com (8/3/2019), ujicoba tersebut dipastikan batal karena pembangunan sirkuit Finlandia itu rupanya tidak selesai tepat waktu.

motogp finlandia
Dorna dan promotor lokal KymiRing tengah berdiskusi dengan latar Sirkuit yang masih jauh dari kata rampung

Alhasil, ujicoba diambil alih oleh Sirkuit Misano. Kendati Dorna Sports SL masih memberikan kesempatan ujicoba di KymiRing jika pembangunan selesai akhir tahun, namun jelas itu menjadi preseden buruk bagi Finlandia. Efeknya jelas, Dorna bisa saja akan mengoreksi kembali kesepakatan kerjasama, artinya MotoGP Finlandia bisa batal.

Bukan tanpa sebab, pasalnya beberapa negara jelas tengah antri untuk menjadi tuan rumah balap motor paling prestisius di atas bumi itu. Kondisi yang dialami Finlandia ini mirip-mirip dengan Wales. Padahal, KymiRing sudah teken kontrak kerjasama 5 tahun dengan Dorna, gegara hal di atas bisa batal tuh.

motogp finlandia
Sirkuit KymiRing Finlandia terus dikebut

Tragedi Circuit of Wales

Jika Sirkuit KymiRing tidak sesuai tenggat selesai, maka Wales lebih parah. Pihak pemerintah menolak mencairkan anggaran pembangunan sirkuit sebesar 210 juta pound sterling. Alhasil, sirkuit gagal dibangun padahal pihak Circuit of Wales dan Dorna sudah sepakat kerjasama 5 tahun plus opsi 5 tahun perpanjangan.

Ujungnya adalah MotoGP Wales batal dihelat. Padahal rencananya seri Wales ini akan menggantikan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone. Alhasil, MotoGP Inggris akhirnya kembali ke Inggris daratan hingga kini.

motogp finlandia
Blueprint Circuit of Wales

Dua contoh di atas sebaiknya menjadi pembelajaran bagi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku promotor lokal. Sebenarnya kuncinya cuma satu, selesaikan sirkuit! Jika wujud sirkuit sudah nyata 100%, maka urusan selanjutnya hampir bisa dipastikan hanya tinggal penyempurnaan sana-sini. Dengan kata lain, MotoGP Indonesia sudah siap geber.

motogp finlandia

Dah gitu aja!

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Meksiko Masih Berpeluang Gelar MotoGP - rideralam.com

Comments are closed.