Vinales Pole, Marquez Baris Depan Setelah Towing ke Petrucci!

Maverick Vinales menjadi pembalap pertama yang merebut pole position MotoGP 2019. Hal itu terjadi setelah top gun tampil yang tercepat pada kualifikasi MotoGP Qatar, Minggu (10/3/2019) dini hari wib. Pembalap Yamaha itu akan start di depan Andrea Dovizioso dan Marc Marquez.

Dua pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami dan Cal Crutchlow bergabung dari Q1 yang berarti dua jagoan, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo gagal menembus Q2.

Jalannya kualifikasi (Q2) seperti terasa mudah bagi Vinales. Dikutip dari motogp.com (10/3/2019), Ia langsung mencetak 1:53,844. Bahkan catatan waktunya makin dipertajam di dua menit jelang sesi berakhir menjadi 1:53,546.

kualifikasi motogp

Beberapa pembalap sempat mendekati catatan waktu pembalap bernomor 12 itu. Misalnya rookie Fabio Quartararo. Bahkan, Dovizioso yang di detik-detik akhir mencoba menyerang tetap gagal mengalahkan best laptime Vinales.

kualifikasi motogp

Inilah pole pertama Vinales musim ini, sekaligus melanjutkan torehan yang sama di seri penutup MotoGP Valencia musim lalu.

Marquez melengkapi grid depan di posisi ketiga. Ia berhasil memanfaatkan kecepatan Danilo Petrucci untuk towing sehingga bisa mencetak 1:53,745. Sedangkan Petrucci sendiri akan start dari posisi 7.

kualifikasi motogp

Grid kedua diisi oleh Jack Miller yang sempat terjatuh di T2. Quartararo makin menawan dengan menempati posisi kelima, tepat di depan Crutchlow.

Grid ketiga dihuni Petrucci, Franco Morbidelli dan Nakagami. Sedangkan grid keempat menjadi milik Duo Suzuki, Alex Rins (P10) dan Joan Mir (P11). Aleix Espargaro di posisi 12.

Sementara itu, Rossi dan Lorenzo akan start di posisi 14 dan 15 tepat di belakang rookie Franceco Bagnaia. Paling belakang akan di huni pembalap wild card Aprilia, Bradley Smith. Di depannya ada Hafizh Syahrin dan Johann Zarco keduanya menggeber KTM RC16.

kualifikasi motogp
Advertisements