Protes Tim-Tim Ditolak, Dovizioso Tetap Juara GP Qatar!

Protes Tim Ditolak, Dovizioso Tetap Juara GP Qatar!Cak, bangun tidur setelah begadang menyaksikan kemenangan Andrea Dovizioso, baca online news ternyata kemenangan pembalap Ducati itu sempat diprotes beberapa tim. Alasannya Ducati memasang winglet di ban belakang GP19, dan itu dianggap melanggar regulasi.


Keempat tim yang melakukan protes adalah Honda, Suzuki, Aprilia and KTM. Mereka mempermasalahkan winglet baru yang dipasang pabrikan Borgo Panigale itu di Desmosedici GP19 milik Dovizioso, sekaligus juga milik Danilo Petrucci.

protes tim

Ducati memperkenalkan winglet baru yang diposisikan tepat di depan ban belakang. Perangkat tersebut diduga digunakan untuk mendinginkan ban belakang. Hal ini yang diprotes tim-tim itu.

Winglet tersebut digunakan di balapan setelah diuji coba oleh Petrucci. Akhirnya, baik dia dan Dovizioso menggunakan winglet selama balapan. Dovi akhirnya menang dengan keunggulan hanya 0,023 detik di depan Marc Marquez.

Menurut motorsport.com (11/3/2019), sebenarnya delegasi teknis MotoGP sudah mengetahui perangkat tersebut. Namun, tidak dapat menginvestigasi sampai keluhan resmi telah diajukan. Setelah ada protes tim-tim lain, investigasi bisa dilakukan.

Akhirnya setelah dilakukan investigasi pasca balapan, stewards atau panitia pengawas lomba menyatakan tidak ada yang ilegal. Protes tim ditolak, Dovizioso tetap berhak mengklaim kemenangan di Qatar.

protes tim


Advertisements