Kesalahan Dovizioso Berbuah Kemenangan!

Kesalahan Dovizioso Berbuah Kemenangan, Sang Rival Mengakui. Konteksnya adalah kemenangan Andrea Dovizioso atas Marc Marquez di GP Qatar akhir pekan lalu. Kendati mendominasi balapan, Desmodovi nyaris gagal menutupnya dengan kemenangan. Sebuah kesalahan dibuatnya jelang finish, namun siapa sangka berkat kesalahan itulah Ia bisa meraih kemenangan. Marquez pun mengakuinya!

Memimpin selepas start, Dovizioso terus mendapat tekanan hebat dari Alex Rins dan juga sang juara bertahan. Namun, pembalap Italia itu terus mampu mempertahankan dominasinya hingga bendera finish dikibarkan.

Tapi, jalannya balapan sejatinya tidak semudah deskripsi paragraf di atas. Desmodovi memang mendominasi, tapi di dua lap jelang finish Ia melakukan kesalahan yang nyaris mengubur mimpinya memenangi seri pembuka MotoGP musim ini.

kesalahan dovizioso

Kesalahan Dovizioso yakni melebar di T4, alhasil posisi terdepan bisa segera direbut Marquez yang sejak awal memang sudah menguntitnya secara ketat. Berada di posisi dua, Ia berarti memburu sang rival. Dan, ternyata ada ‘berkah’ di balik itu.

Pembalap berusia 32 tahun itu bisa melihat dengan jelas bahwa Marquez sangat struggle dengan grip belakang. Ia nampak kesulitan dengan gaya gesek ban belakang RC213V dengan aspal.

“Ketika saya melakukan kesalahan, saya melihat dia [Marquez] kesulitan dengan grip belakang,” beber Dovizioso kepada sport.bt.com (11/3/2019) dikutip dari motorsport.com (11/3/2019).

“[Itu] memberi saya motivasi ekstra, karena saya memahami sesuatu di beberapa tikungan, di mana saya bisa lebih cepat dibanding dia dan sambil menyiapkan jawaban,” tambahnya.

kesalahan dovizioso

Dovi tahu Marquez akan berusaha menyalipnya. Dan, seperti halnya musim lalu, Marquez memang menyalipnya di last corner. Namun, Dovi yakin dengan kondisi grip belakang sang rival yang memburuk, Ia bisa menyalipnya lagi selepas keluar tikungan.

Dan benar saja, sangat mirip dengan kejadian musim lalu di tempat yang sama, saat masuk tikungan akhir Marquez salip Dovi. Namun, Dovi segera menggeber GP19-nya saat keluar tikungan dimana Marquez yang agak late brake nampak kewalahan mengejarnya.

Alhasil, kemenangan tetap menjadi miliki Italiano

Marquez Mengakui

Marquez sendiri mengakui bahwa ban belakangnya sudah habis. Ia sebenarnya telah menyiapkan diri untuk menyerang Dovi sebelum lap-lap akhir untuk kemudian menjauh.

kesalahan dovizioso

Namun, justru kesalahan Dovi sehingga Ia bisa menyalip disebutnya terlalu cepat dari rencana. Ya, Marquez nyalip Dovi di luar rencana awal. Dengan kondisi ban belakang yang sudah habis, Ia harus bertahan dari serangan Desmodovi. Padahal Ia telah sampai di limitnya.

“Ketika saya menyalipnya, Ia melihat saya kesulitan dengan grip belakang. Kenyataannya memang begitu,” ungkap Marquez

Kecepatan Suzuki Luar Biasa

Ketika disinggung apa strateginya untuk meraih kemenangan, Dovizioso menjawab tidak punya strategi khusus. Yang Ia lakukan hanyalah berusaha menghemat ban.

“Saya meladeni Alex [Rins] yang punya kecepatan luar biasa di pertengahan tikungan. Beruntung, (power) mesin kami bisa membantu di trek lurus. Pada akhirnya saya tetap menekan, dan di sanalah Marquez muncul,” tukas Dovi.

kesalahan dovizioso


Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.