Performa Dimas Ekky Di Moto2, Next Target… Poin!

ktm indonesia

Dimas Ekky Pratama akhirnya telah menjalani balapan pertamanya di Moto2 musim ini. Tahun ini The Forehead melakoni balapan semusim penuh pertamanya. Namun, Ia sebelumnya tercatat telah 3 kali membalap di Moto2, semuanya dalam kapasitas non full season rider. Lalu, bagaimana performa Dimas Ekky di balap Moto2 sejauh ini?

Sepang 2017, Debut Pahit

Debut Dimas Ekky di kompetisi balap grand prix terjadi di Sepang 2017. Ia menggantikan posisi Jorge Navarro yang mengalami cedera. Performa pembalap kelahiran Depok itu cukup menjanjikan.

performa dimas ekky

Di kualifikasi, Dimas menempati posisi 28 dari 29 pembalap. Mirip dengan yang terjadi di Qatar kemarin. Best laptime-nya berjarak 2,1 detik dari pole sitter Franco Morbidelli.

Saat balapan berlangsung, Dimas Ekky sempat merengsek ke posisi 12. Insiden di T1 selepas start dimanfaatkan Dimas untuk menyerang. Ia berhasil masuk zona poin (P12).

Namun, saat harapan mulai membesar, Ia justru ditubruk dari belakang oleh pembalap Tech 3 Racing, Remy Gardner. Dari gestur Dimas, Ia sangat kecewa. Gardner, pembalap yang menyenggolnya sempat meminta maaf.

Catalunya 2018, First Wild Card

Ini adalah balapan kedua Dimas Ekky di Moto2. Status Dimas di Catalunya musim itu adalah sebagai pembalap wild card. Ia membawa bendera Astra Honda Racing Team.

performa dimas ekky

Di kualifikasi, Dimas Ekky menempati posisi 30 dari 34 starter. Best laptime-nya 1:45,532, sedangkan sang pole sitter 1:43,474 atas nama Fabio Quartararo. Jadi, ada gap sekitar 2 detik di antara keduanya.

Dimas melakukan start cukup bagus. Ia langsung mendarat di posisi 25 selepas tikungan pertama. Bertarung di kondisi cuaca yang panas, Dimas akhirnya finish di posisi 24. Belum meraih poin tapi Ia berhasil menyelesaikan balapan, target lain selain belajar banyak dari situasi kompetisi.

Sepang 2018, ‘Ditemani’ Rekan Senegara

Dimas Ekky kembali mendapatkan kesempatan adu kencang di kelas Moto2. Kali ini, Ia hadir sebagai pembalap pengganti. Ia menggantikan Bo Bendsneyder dari tim Tech3 Racing.

performa dimas ekky

Di kualifikasi, Dimas menempati posisi 28 dari 32 starter. Gap-nya dengan Alex Marquez sang pole sitter 3,140 detik. Di balapan kali ini Dimas bukan menjadi satu-satunya pembalap Indonesia, Ia ‘ditemani’ Rafid Topan Sucipto.

Hasilnya, Dimas kembali berhasil menyelesaikan balapan secara penuh. Ia finish di posisi 23. Ada 6 pembalap yang gagal menyelesaikan balapan. Dimas dan Rafid Topan berhasil bertahan hingga bendera finish dikibarkan.

Qatar 2019, Debut Musim Penuh

Inilah musim pertamanya sebagai pembalap full season di Moto2. Ia bergabung dengan tim Idemitsu Honda Team Asia. Ia berduet dengan pembalap Thailand, Somkiat Chantra.

Sepanjang sesi latihan bebas, Dimas selalu berkutat di posisi bawah. Ia hanya lebih baik dari Xavi Cardelus. Di kualifikasi sistem baru Moto2, Dimas menempati posisi 17 di Q1, Cardelus di belakangnya. Pole diraih Marcell Schrotter dari Jerman.

performa dimas ekky

Di balapan, Dimas Ekky yang start dari posisi 31 sukses menyelesaikan balapan hingga akhir. Ia finish ke-24 dari 26 pembalap yang menyelesaikan balapan. Sedangkan sang partner yang selalu lebih baik sejak latihan bebas justru gagal menyelesaikan balapan.

Secara umum performa Dimas Ekky di Moto2 sudah lumayan, pembalap binaan Honda itu tinggal memiliki target berikutnya, poin! Bisakah di Argentina nanti tercapai?

Source: motogp.com

Advertisements