Winglet Anyar Ducati Ilegal, Ini Penjelasannya!

ktm indonesia

Winglet Anyar Ducati Ilegal, demikian yang diungkap oleh CEO Aprilia, Massimo Rivola. Eks direktur tim Ferrari itu menjelaskan kenapa winglet itu melanggar aturan.

Sebelumnya, sejumlah tim protes atas penggunaan komponen tambahan seperti winglet di ban belakang bagian depan Desmosedici GP19 Dovizioso dan Petrucci. Mereka menganggap komponen itu mempengaruhi aerodinamika motor.

Tapi, protes oleh Honda, KTM, Suzuki dan Aprilia itu akhirnya ditolak oleh pihak FIM MotoGP. Mereka menganggap piranti tambahan itu legal dan boleh digunakan. Akhirnya, keempat tim itu mengajukan banding.

Rivola merupakan sosok dibalik protes itu. Pengalaman panjang di dunia F1 yang selalu berurusan dengan komponen pendukung aerodinamika di mobil-mobil F1 membuat pria Italia itu yakin winglet anyar Ducati itu punya maksud lain selain mendinginkan ban.

winglet anyar ducati

Apalagi, pihaknya sempat mengembangkan piranti serupa sebelumnya namun ditolak direktur teknis MotoGP, Danny Aldridge pada 19 Februari lalu. Aldridge mengatakan winglet itu hanya boleh dipakai saat hujan. Yamaha pertama kali memakainya saat balapan basah di Valencia musim lalu.

Rivola menjelaskan bahwa piranti mirip sendok itu pada akhirnya akan menghasilkan tambahan aerodinamika yang membuat bagian belakang motor makin kuat menekan aspal. Efeknya jelas, downforce bagian belakang motor makin besar sehingga motor makin nyaman mencengkram aspal.

“Pada kenyataannya ada tiga sayap kecil di dalam ‘sendok’ itu. Mengapa ada tiga sayap kecil di sana?” tanya Rivola seperti dikutip dari gpone.com (11/3/2019).

winglet anyar ducati

“Kami telah menunjukkan bahwa, di zona itu, atau lebih tepatnya di depan roda belakang, udara bergerak sangat cepat dan semakin cepat, bahkan sayap kecil sudah cukup untuk menghasilkan beban,” tambah pria 47 tahun itu menjelaskan.

Tapi, memang masuk akal yang disampaikan Rivola. Angin yang masuk ke ‘sendok’ itu selain mengarah ke ban (untuk pendinginan) tapi juga menekan si ‘sendok’ ke bawah, apalagi ada sayap kecil di dalamnya. Dengan menempel ke lengan ayun (swing arm) yang bisa bergerak saat direm dan digas, maka efek aerodinamika akan tercipta.

Advertisements