Legenda Suzuki Puji Penampilan Rins, Tapi Jagokan Crutchlow

Performa Suzuki di Qatar mengundang pujian dari legenda mereka, John Hopkins. Eks pembalap Suzuki asal Amerika itu kemudian membandingkan hasil yang diperolehnya di tempat yang sama 12 tahun silam.

Alex Rins diluar dugaan mampu memberikan perlawanan hebat kepada dua pembalap favorit, Andrea Dovizioso dan Marc Marquez pada balapan perdana musim 2019 itu. GSX-RR yang ditungganginya beberapa kali mampu mengovertake pembalap Ducati dan Honda itu.

Meskipun akhirnya pembalap Spanyol itu finish keempat, namun performanya bersama sang partner, Joan Mir, berhasil membawa Suzuki ke level atas. Kembalinya Suzuki ke baris depan mengundang komentar dari John Hopkins, pembalap Suzuki pada periode 2003-2007.

“Itu adalah awal yang baik bagi kedua pembalap. Rins menyamai hasil terbaik yang dicapai oleh Suzuki di Qatar, dengan tempat keempat. Saya finis keempat pada 2007, juga di Suzuki,” kenang Hopkins seperti dikutip dari paddock-gp.com (18/3/2019).

“Tentu saja, sebagian dari diriku berpikir, ‘tidak, jangan mencuri catatan ini’, tapi, serius, melihat perkembangan mereka dari musim ke musim adalah hal yang sangat baik”.

“Saya selalu menjadi penggemar berat Suzuki dan saya menghabiskan tahun-tahun terbaik saya bersama mereka di MotoGP, jadi lebih menyenangkan untuk melihat betapa bagusnya mereka”.

Meskipun memuji penampilan kedua pembalap, namun Hopkins tetap mengkritisi GSX-RR. Si kuda besi disebutnya memiliki cacat pada top speed. Dan ternyata kondisi itu sudah terjadi sejak jamannya.

“Mereka memiliki paket yang sangat kompetitif. Sayangnya, mereka memiliki kekurangan pada kecepatan puncak, seperti saya pada saat itu,” ujar pembalap yang sempat comeback bersama Suzuki di tahun 2011.

Rins memang mengeluh dengan top speed GSX-RR. Sang kompetitif di tikungan, namun Ia terlihat sangat mudah dilewati saat trek lurus.

Jagokan Crutchlow

Untuk seri kedua di Argentina, Hopkins ternyata punya jagoan lain, bukan Rins melainkan Cal Crutchlow. Performa gemilang sang pembalap di Qatar usai mengalami cedera menjadi alasan. Yes, pembalap Inggris itu sukses naik podium di Losail.

“Crutchlow menang di Argentina tahun lalu. Ia sangat kuat di sana. Itu adalah trek yang disukainya,” analisa Hopkins.

Suzuki sendiri melalui Rins berhasil naik podium ketiga di Termas de Rio Hondo musim lalu. Apakah tahun ini bisa mengulang prestasi yang sama atau lebih baik?

Advertisements

2 Comments

    • karena motogp bukan motor masspro cak, prototype dengan seluruh aspek menjadi perhatian, tidak sekedar kencang

Comments are closed.