Yamaha Tidak Protes, Gigi Dall’Igna Bingung

ktm indonesia

General Manager Ducati, Gigi Dall’Igna heran dengan protes tentang winglet di Desmosedici GP19. Tentang Yamaha yang tidak ikut protes, Ia mengaku tidak tahu tapi menduga Yamaha memahami posisinya.

Honda bersama Suzuki, Aprilia dan KTM mengajukan protes soal winglet anyar Ducati yang menempel di lengan ayun GP19 saat di Qatar. Kendati protes itu telah ditolak Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge, namun keempatnya mengajukan banding.

Nah, yang menarik adalah tidak ada Yamaha di jajaran pemrotes. Banyak yang menduga bahwa Yamaha tidak protes karena pernah menggunakan piranti serupa di Valencia tahun lalu. Tapi, kala itu kondisi balapan adalah wet race, dan piranti tambahan itu memang diijinkan digunakan demi keselamatan pembalap.

Apakah Yamaha mendukung Ducati menggunakan winglet itu di Qatar kemarin? Tidak ada jawaban pasti. Gigi Dall’Igna juga mengaku heran dan tidak tahu mengapa pabrikan Iwata itu tidak ikut protes. Gigi menduga Yamaha sudah memahami pilihan Ducati karena sejak awal sudah terlibat diskusi intens.

yamaha tidak protes

“Saya tidak tahu kenapa mereka tidak ingin berpartisipasi dalam protes ini. Saya tidak tahu alasannya. Mungkin karena Yamaha selalu terlibat sejak awal dalam diskusi dan berpikir seperti kami, bahwa lebih tepat mengatasi masalah ini dengan cara lain,” ujar Gigi Dall’Igna seperti dinukil dari motorsport.com (18/3/2019).

Ya, Gigi Dall’Igna cukup menyesalkan pendekatan yang dilakukan empat tim itu. Sebab, biasanya berbagai permasalahan yang melibatkan antar tim akan diselesaikan di MSMA (Asosiasi Pabrikan Motor Sports) atau melibatkan Direktur Teknis di MSMA.

“Sebelum balapan di Qatar, berbagai perselisihan, dan yang begitu banyak, selalu diselesaikan baik dalam MSMA (Asosiasi Pabrikan Motor Sports) atau melibatkan Direktur Teknis di MSMA,” tambah pria yang identik dengan rambut putihnya itu.

Honda Menentang Federasi

“Jika kami menghadapi pertanyaan seperti itu, kami akan melakukan seperti masa lalu, berdiskusi dengan MSMA. Jelas keempat pabrikan ini telah memutuskan untuk mengubah pendekatan mereka dan apa yang mengejutkan kami adalah bahwa di atas segalanya.

“Honda, bersama kami dan Yamaha, merupakan salah satu pendiri kejuaraan. Mereka berpartisipasi sejak awal, (tetapi) mereka memutuskan untuk mengubah aturan, menantang Federasi”.

yamaha tidak protes

Makin panas, cak! Kita tunggu ending semua ini sebelum GP Argentina digelar akhir bulan ini.

Advertisements