Logo Mission Winnow Disingkirkan atau Penalti Menanti!

Logo Mission Winnow yang menempel di Ducati Desmosedici GP19 terancam bermasalah di GP Australia dan GP Prancis karena dianggap mirip dengan logo Marlboro. Terbaru, Ferrari menghilangkan logo itu di Australian GP pekan lalu.

Ducati tampil serba merah di musim 2019 ini. Termasuk tulisan Mission Winnow dengan desain logo yang sepintas mirip merk rokok Marlboro. Masuk akal, karena keduanya adalah produk atau berkaitan dengan Philip Morris, produsen rokok dan tembakau dari Amerika Serikat sebagai sponsor Borgo Panigale.

logo mission winnow

Namun, ternyata logo Mission Winnow yang didesain mirip dengan Marlboro menghasilkan masalah. Berbagai pihak yang concern dengan kesehatan anti tembakau dan anti rokok menganggap Mission Winnow adalah promosi tembakau gaya baru a la Philip Morris.

Sedangkan, di dunia motorsport iklan berbau rokok dan tembakau sudah lama diharamkan. Alhasil, beberapa negara yang sangat ketat dengan iklan berbau tembakau mulai mempermasalahkan logo tersebut. Salah satunya adalah Australia.

Ferrari sudah merasakan kontroversialnya logo Mission Winnow saat berlangsungnya seri perdana F1 di Australia pekan lalu. Branding Mission Winnow berwarna hitam (di Ducati putih) tidak ada sama sekali di mobil Sebastian Vettel maupun Charles Leclerc. Ferrari tidak mau ambil resiko terkena penalti misalnya jika tetap memaksakan diri.

logo mission winnow
Kiri – Mobil Vettel di GP Australia, Kanan – Mobil Leclerc di Tes Barcelona

“Ada masalah dengan departemen kesehatan [Australia], dan tidak ada cukup waktu bagi Philip Morris untuk menemukan solusinya,” ucap CEO Ferrari, Louis Camilleri pada Selasa (5/3) dalam pameran Geneva Motor Show seperti dikutip dari motorsport.com (6/3/2019).

Di MotoGP, seri Australia memang masih lama (akhir Oktober). Ducati masih bisa mencari solusi bersama dengan Philip Morris. Namun, ada satu negara lain yang juga begitu keras melarang iklan promosi berbau tembakau adalah Prancis. MotoGP punya seri Prancis di Sirkuit Le Mans yang akan dilangsungkan pertengahan Mei. Sudah sangat dekat.

logo mission winnow

Logo Mission Winnow Harus Disingkirkan

Ducati bisa bermasalah jika tetap bersikeras memasang logo Mission Winnow di GP Le Mans nanti. Laman gpone.com (19/3/2019) menyebut resiko besar jika Ducati tidak menghilangkan branding MissionWinnow di Phillip Island atau Le Mans.

“Pada kenyataannya tim Borgo Panigale berisiko harus melepaskan branding ‘Mission Winnow’ di Phillip Island, dan hal yang sama juga bisa terjadi di Le Mans”.

logo mission winnow
Advertisements

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Tanpa Mission Winnow di Le Mans, Fairing GP19 Personalisasi Pembalap! - rideralam.com

Comments are closed.