Kelemahan Yamaha Di Traksi Dan Top Speed!

ktm indonesia

“Pada dasarnya, kami berjuang di area traksi dan kecepatan puncak. Dua hal ini adalah hal utama dimana kita tertinggal dibanding mereka.”

Sebuah analisa yang dilontarkan oleh pembalap anyar Petronas Yamaha, Franco Morbidelli soal kelemahan Yamaha M1 di Qatar. Pembalap satelit Yamaha itu berjuang ekstra keras ‘hanya’ untuk menyelamatkan posisi ke-11 di Qatar.

Morbidelli harus membayar keputusannya menggunakan ban soft untuk belakang M1-nya. Sempat merengsek ke posisi delapan, namun pembalap Italia itu akhirnya harus mati-matian mempertahankan posisi ke-11. Sepanjang balapan, Ia bisa membandingkan M1 dengan RC213V.

“Saya menghabiskan banyak waktu dengan motor saya. Tetapi saya juga memiliki kesempatan untuk melihat performa Honda. Pada dasarnya kami berjuang di area akselerasi, area traksi, dan juga top speed,” kata Morbidelli seperti dikutip dari crash.net (21/3/2019).

kelemahan yamaha

Sementara itu sang guru, Valentino Rossi, keluar sebagai pembalap Yamaha teratas di tempat keenam, hanya 0,6 detik dari kemenangan. Sedangkan rekan setimnya, Maverick Vinales di posisi ketujuh (+ 2,481).

Beberapa waktu lalu Rossi juga mengatakan kelemahan Yamaha di Qatar kurang lebih sama dengan yang terjadi selama ini. Artinya, Yamaha belum mampu keluar dari masalahnya.

Jika para pembalap Monster Yamaha memilih ban depan dan belakang tipe medium, Morbidelli dan rekan setim Fabio Quartararo menggunakan kombinasi depan medium, belakang soft.

“Saya merasa sangat kuat di awal balapan dan saya berusaha mengelola ban dengan berusaha tidak mencapai limit,” ujar Morbidelli.

Morbidelli mengaku senang bisa bertarung di depan. Bisa mencetak 1:55 ketika pembalap lain juga melakukannya. Sayang memang, pemilihan ban dan manajemen ban saat balapan yang kurang baik membuatnya hanya bisa bertahan di posisinya.

Ia terlihat sedikit menyesali keputusannya memilih ban soft. Padahal dengan ban medium, Morbidelli juga bisa cepat. Balapan selanjutnya di Argentina.

“Kita hanya harus pergi ke Argentina dan melihat bagaimana levelnya di sana,” tutup eks pembalap Marc VDS Honda itu.

kelemahan yamaha

Menarik untuk menyaksikan pertarungan Morbidelli dang Quartararo. Sama-sama mendapatkan paket M1 2019, keduanya punya potensi untuk meledak. Sementara, Morbi unggul karena sang rookie harus finish ke-16.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.