Klasemen MotoGP 2019 Pasca GP Argentina [Rekap]

Marc Marquez mulai menjauh dari Andrea Dovizioso. Persaingan Rookie dan Independent Rider mulai ketat.

Sebelum GP Argentina, pimpinan klasemen MotoGP kategori pembalap masih menjadi milik Dovi berkat kemenangannya di seri pembuka Qatar. Marquez kedua dengan selisih 5 angka. Namun, hasil di Termas de Rio Honda membuat tampuk pimpinan beralih.

Dengan tambahan 25 poin, Marquez kini telah mengoleksi 45 poin. Sedangkan Dovi ‘hanya’ nambah 16 poin hasil finish ketiga, akibatnya poinnya kini menjadi 41. Ada gap 5 angka keduanya. Masih kecil karena memang masih dua seri.

Sedangkan Rossi yang sebelumnya di peringkat 5 dengan 11 poin, mampu naik ke posisi 3 dengan total poin 31. Sudah ada gap 14 poin dengan Marquez.

klasemen motogp

Konstruktor dan Tim

Untuk kategori konstruktor, Honda memimpin dengan 45 poin. Ducati 41 poin dan Yamaha 31 poin. Sebagai informasi, poin untuk konstruktor ini hanya di ambil dari pembalap finish terbaik dari brand motor yang berkompetisi, tak peduli pembalap pabrikan, rookie atau independen. Dan keenam brand motor (Honda, Ducati, Yamaha, Suzuki, KTM, dan Aprilia) sudah mendapatkan poin.

Sedangkan klasemen tim, performa gemilang Marquez sayangnya tidak diimbangi sang partner, Jorge Lorenzo. Karena, poin di klasemen ini merupakan akumulasi finish terbaik kedua pembalap dalam satu tim. Akibatnya, Repsol Honda (52 poin) hanya di bawah Mission Winnow Ducati (61 poin). Monster Energy Yamaha ketiga dengan 40 poin.

klasemen motogp

Rookie

Perebutan rookie of the year 2019 mulai ketat. Ada dua nama yang punya poin sama dengan cerita mirip. Jika di Qatar, Joan Mir mencuri perhatian dengan finish ke-8, di Argentina giliran Fabio Quartararo yang melakukannya. Jika di Qatar rookie asal Prancis itu gagal meraih poin, di Argentina justru debutan dari Spanyol itu yang gagal finish.

Sedangkan Miguel Oliveira dengan 5 poin di peringkat ketiga dan Francesco Bagnaia yang digadang-gadang sebagai kandidat terkuat rookie of the year 2019 justru terbawah dengan 2 poin.

klasemen motogp

Pembalap dan Tim Independen

Untuk kategori pembalap independen, nasib sial diterima Cal Crutchlow gegara melakukan jump start. Ia harus mendapatkan penalti dan akibatnya ‘hanya’ finish ke-13. Namun, tambahan 3 poin masih cukup tetap membuatnya di atas dengan 19 poin.

Pesaing terdekatnya adalah rekannya di LCR Honda, Takaaki Nakagami dengan 16 angka. Nakagami di dua balapan awal ini cukup konsisten dengan selalu finish top 10.

Kolaborasi keduanya juga membawa LCR Honda memimpin klasemen Independent Team dengan 35 angka, jauh meninggalkan Pramac Racing yang baru 15 poin. Tech 3 yang bisanya selalu menjadi penantang kuat kategori ini nampaknya bakal kesulitan sejak bergabung dengan KTM. Kini posisinya masih terbawah.

klasemen motogp

Nah, itu tadi Klasemen MotoGP 2019 secara lengkap pasca seri kedua, cak! Dan, jujur nih baru tahu kalau Aprilia Racing Team Gresini masuk kategori tim independen. Kirain tim pabrikan lho, duh kudet nih RA hehehe…

Source: motogp.com

Advertisements

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Jump Start, Crutchlow Tuduh Race Direction Tak Adil! - rideralam.com

Comments are closed.