Marquez Tak Terbendung di Argentina, Rossi Kalahkan Dovizioso

Pembalap Repsol Honda itu sudah ngacir sejak start. Pole position disempurnakan dengan kemenangan. Sementara itu, Valentino Rossi sukses menutup kelemahan Yamaha usai kandaskan Andrea Dovizioso.

Seri kedua MotoGP 2019 digelar di Sirkuit Termas de Rio Honda, Argentina, Senin (1/4/2019) dini hari wib. Starting grid dipimpin oleh Marquez, diikuti Maverick Vinales dan Dovizioso. Usai lampu start padam, Marquez melesat ke depan, Dovi menyusul dan Vinales masih mengulang start buruknya di Qatar. Bahkan Ia langsung ‘terjebak’ di rombongan pembalap di belakangnya.

Seiring berjumlahnya putaran demi putaran, Marquez makin digdaya. Ia terus melesat meninggalkan rombongan di belakangnya. Nampaknya hanya kesalahan sendiri yang bisa menghentikannya. Kondisi ini tidak mengagetkan, sebab sang juara dunia bertahan itu sudah superior sejak latihan bebas hingga warm up.

marquez

Yang seru justru di perebutan posisi kedua. Di sana ada Dovi, Rossi, Crutchlow, Petrucci, Miller, Vinales, hingga Morbidelli. Ketujuh pembalap ini seolah menjadi pengiring atau pengawal Marquez di belakang.

Namun, formasi ketujuh pembalap itu tidak berlangsung seterusnya hingga akhir balapan. Crutchlow yang kedapatan melakukan jump start akhirnya harus menjalani penalti. Akibatnya, Ia langusng terlempar ke posisi belakang.

Bahkan, di last lap, tepatnya dua tikungan terakhir, Vinales dan Morbidelli harus gagal finish. Keduanya terlibat crash dan ndlosor. Akhir pekan mengecewakan bagi keduanya.

marquez

The Sunday Rider

Dan, akhirnya pertarungan runner up hanya menyisakan Rossi dan Dovizioso. YZR-M1 vs Desmosedici GP19. Bisa ditebak, Rossi begitu dominan di tikungan, M1 sangat kuat di sektor ini. Namun, keunggulan itu langsung sirna saat bertemu trek lurus. Power GP19 bukan tandingan M1.

Namun, bukan tanpa alasan jika julukan The Sunday Rider melekat pada 9 kali juara dunia itu. Ia dengan pengalamannya plus kekuatannya di balapan Minggu mampu menutup celah Dovi untuk menyalipnya di lap terakhir. Akhirnya Rossi finish 9 detik di belakang Marquez dan Dovi di belakangnya. Podium pertama The Doctor sejak Sachsenring 2018.

marquez

Miller akhirnya menyelesaikan akhir pekan di posisi keempat. Hasil ini membayar penampilan konsistennya sejak latihan bebas Jumat. Dan siapa pembalap paling banyak meng-overtake pembalap lain, dia adalah Alex Rins yang finish kelima. Rins start dari posisi 16. Di Qatar, Rossi yang paling gokil dengan finish P4, start P14. Dan Petrucci kembali tampil rata-rata, finish keenam.

Nakagami makin konsisten di 10 besar usai finish ketujuh. Sedangkan rookie terbaik adalah Fabio Quartararo yang finish ke-8, membayar kesalahannya di Qatar lalu. Keduanya diikuti kakak-adik, Aleix dan Pol Espargaro yang melengkapi top 10.

Hasil MotoGP Argentina 2019:

marquez

Selamat!

Source: motogp.com

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Kumpulan Blog yang Membahas MotoGP Argentina 2019 – Mercon Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.