WorldSBK Aragon Day 1: Alvaro Bautista!

Masih belum ada yang mampu menghadang laju Alvaro Bautista musim ini. Terbaru, Ia tampil terkencang di latihan bebas hari pertama World Superbike Aragon!

Tidak sekedar tercepat di FP1 WorldSBK Aragon, Bautista juga menorehkan jarak laptime besar dengan peringkat kedua dan ketiga. Alex Lowes yang mengendarai Yamaha R1 dan Jonathan Rea (Kawasaki ZX-10RR) berada 1 detik lebih di belakang pembalap Ducati Panigale V4 R itu.

Luar biasa memang, entah jika di balapan Sabtu dan Minggu besok Bautista kembali dominan, apakah Dorna dan FIM akan mengutak-atik rev limiter. Dimana rev limiter V4 R adalah yang tertinggi dibanding motor lain.

Sebenarnya, Aragon merupakan trek favorit Ducati. Di trek sepanjang 5,077 km itu, tim asal Italia itu bersama Kawasaki sudah 5 kali menang. Semuanya melalui Chaz Davies sejak 2015 lalu. Pole dua musim terakhir juga menjadi milik Ducati (Davies). Jadi, jika Bautista memiliki gap sangat jauh dengan pembalap lain di FP1, rasanya memang wajar.

Menjadi tidak wajar karena ekskalasi persaingan di top podium menjadi rendah. Dua seri pembuka musim ini semuanya di sapu bersih Bautista. Seri Aragon pun naga-naganya juga akan demikian. Bukan tidak mungkin, jika kondisi ini dibiarkan terus menerus oleh Dorna, maka WorldSBK akan makin sepi peminat. Tentu saja selain penggemar Ducati.

worldsbk aragon

Bayangkan saja, best laptime Bautista di FP1 adalah 1:49,692. Sedangkan Lowes dengan 1:50,819 atau 1,127 detik lebih lambat. Rea dengan 1:50,841 tau lebih lambat 1,149 detik!

Sepertinya baru kali ini di FP1 WorldSBK jarak pembalap terdepan dengan di belakangnya selebar itu. Hal yang juga mustahil ditemukan di MotoGP. Jadi, ini adalah sinyal bahaya bagi masa depan WorldSBK andaikan dibiarkan.

worldsbk aragon

Latihan Bebas Kedua (FP2)

Di latihan bebas kedua pun kejadian nyaris sama dengan FP1 terulang. Bautista kembali tercepat. Rival terdekatnya juga masih sama, Alex Lowes dan Jonathan Rea. Namun, gap sedikit berkurang separuhnya. WorldSBK Aragon masih belum ada yang bisa membendung Bautista.

Kendati begitu, gap setengah detik dalam single lap masih sangat besar. Kita tunggu saja hasil kualifikasi dan race 1 Sabtu besok. Jika sebelum ini setiap akan balapan pertanyaan yang muncul ‘siapa yang akan menang?’, namun khusus musim ini menjadi ‘berapa jarak kemenangan Bautista dengan runner up?’

worldsbk aragon

Source: worldsbk.com

Advertisements