Michelin Siapkan Ban Simetris dan Asimetris di COTA

ktm indonesia

Pemasok tunggal ban MotoGP, Michelin, dipastikan punya pekerjaan lebih banyak di Circuit of The Americas, akhir pekan ini. Tes intensif untuk ban telah menunggu mereka.

Seri ketiga MotoGP 2019 di Austin menunggu performa ban Michelin di trek yang dikenal permukaannya yang abrasif dan bergelombang. Tahun lalu pengelola COTA telah melakukan untuk memperbaiki permukaan lintasan. Pekerjaan serupa kembali dilakukan tahun ini.

Dua pekerjaan itu menyisakan tanda tanya bagi Michelin tentang kondisi aspal di sana. Jadi, kompon apa yang akan dibawa ke Texas?

COTA memiliki 20 tikungan; 11 ke kanan dan sisanya ke kiri. Michelin akan membawa ban depan soft, medium dan hard semuanya simetris. Sebaliknya, bagian belakang akan disediakan dalam desain asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras.

Sedangkan untuk ban basah, Michelin belum mengalami cuaca basah di Austin. Tetapi tidak masalah, pabrikan Prancis itu akan memberi tim MotoGP ban hujan soft dan medium untuk bagian depan dan belakang. Dan sama dengan ban kering, ban belakang juga akan asimetris dalam desain dengan sisi kanan lebih keras.

michelin

Komentar Michelin

“Austin adalah sirkuit yang sangat menantang bagi semua yang terlibat. Tahun ini rasanya kita akan ke sana juga tidak begitu yakin dengan ekspektasi.” ujar Piero Taramasso, Manajer Motorsport Roda Dua Michelin kepada motogp.com (9/4/2019).

“Trek ini telah mengalami perbaikan lagi untuk mencoba meratakan gundukan. Sehingga akan menjadi masalah bagi semua untuk melihat bagaimana kinerjanya dan bagaimana aspal bekerja dibandingkan musim-musim lainnya. Sampai Jumat pagi kami tidak sepenuhnya tahu bagaimana kondisi sirkuit ini.

“Meski begitu, Austin adalah acara yang hebat dan kami selalu merasa disambut oleh para pejabat di CoTA dan semua penggemar. Jadi kami akan bertekad untuk memainkan peran kami dalam menampilkan pertunjukan yang hebat bagi mereka.”

michelin

Advertisements