Bautista Cetak Dua Kemenangan di Assen, Rekor!

Andaikan Superpole Race tetap diadakan bukan tidak mungkin angka itu menjadi tiga. Tapi kemenangan Bautista kali ini tidak semudah sebelum-sebelumnya.

Alvaro Bautista dan semua pembalap WorldSBK harus menjalani dua sesi balap di hari Minggu. Penundaan Race 1 pada Sabtu akibat salju lebat membuat hal itu terjadi. Akhirnya, panitia memutuskan Race 1 digelar Minggu dengan menghapus Superpole Race dan langsung ke Race 2.

Kemenangan ke-10

Race 1 berlangsung sekitar pukul 16.00 wib. Bautista yang start dari pole langsung memimpin balapan usai lampu start padam. Rival terdekatnya kali ini adalah Markus Reiterberger (BMW) dan tentu saja Jonathan Rea (Kawasaki).

bautista

Terlihat Bautista akan mudah menjauhi rival-rivalnya, nyatanya Reiterberger muncul sebagai penantang serius. Sedangkan Rea masih berkutat di posisinya. Bahkan, pembalap BMW itu sempat memangkas jarak hingga menjadi 0,3 detik saja dari Bautista (motorsport.com).

Tapi, perlawanan ketat Reiterberger hanya bertahan hingga 8 lap. Setelah itu Ia menurun, sebaliknya Bautista terus mantab melaju. Di belakangnya, Rea makin solid dan telah menemukan pace-nya.

Alhasil, Rea mengambil alih posisi kedua dan mulai memburu Bautista. Sayang, pembalap Ducati itu terlalu cepat untuk disusul dan akhirnya menorehkan kemenangan ke-10-nya musim ini. Ini adalah rekor di WorldSBK sebagai pembalap pertama yang menang di 10 balapan awal.

Rea runner up dan pembalap tuan rumah -King of Assen- Michael Van Der Mark di podium tiga. Reiterberger sendiri akhirnya harus puas finish keenam di belakang Alex Lowes dan Leon Haslam.

Kemenangan ke-11

Race kedua berjalan sedikit berbeda dengan race 1. Rea memberi perlawanan keras di awal-awal lap. Ia bahkan sempat memimpin balapan. Namun, pertahanan sang juara bertahan akhirnya runtuh di lap keenam.

Bautista akhirnya meng-overtake-nya, dan bahkan Rea juga harus disusul Chaz Davies dan van Der Mark untuk turun ke posisi keempat. Namun, Rea akhirnya bisa kembali merebut posisi kedua dan berupaya mengejar Bautista.

bautista

Sayang, pembalap Ducati itu sudah jauh di depan. Ia justru mendapat perlawanan hebab dari van Der Mark. King of Assen terus menekan Rea hingga akhirnya di 4 lap terakhir mulai menyerang.

Sempat menyalip Rea, namun kembali direbut hingga pertarungan tersaji sampai garis finish. Akhirnya Van Der Mark unggul tipis dari Rea. FIa hanya unggul 0,007 detik saja dari Rea untuk merebut posisi runner up.

Bautista akhirnya mengoleksi kemenangan ke-11 musim ini dari 11 balapan awal. Andaikan Superpole Race tidak dibatalkan, bukan tidak mungkin angka itu menjadi 12.

Finish keempat adalah Alex Lowes, disusul Chaz Davies dan Reiterberger.

Advertisements