Dominasi Bautista Bencana Bagi WorldSBK

ktm indonesia

Alvaro Bautista melakoni debut WorldSBK musim ini dengan 11 kemenangan beruntun. Jonathan Rea menyebut dominasi Bautista adalah bencana!

Juara dunia bertahan itu yakin apa yang dilakukan Ducati dan Bautista sejauh ini mengancam masa depan WorldSBK. Menyapu bersih seluruh kemenangan di 4 seri pembuka musim bukanlah hal yang bagus bagi kejuaraan.

Apalagi kemenangan itu diraihnya dengan menciptakan gap yang sangat besar; 14 detik, 12 detik, bahkan 15 detik. Seri Assen saja yang paling kecil, itupun masih di kisaran 3 dan 4 detik. Inilah bencana itu. Dominasi Bautista memang mengerikan!

dominasi bautista

Kejuaraan akan makin membosankan sebab pemenangnya sudah bisa ditebak. Jika sebelum-sebelumnya muncul pertanyaan “siapa yang akan menang?” namun saat ini menjadi “berapa detik Bautista dengan runner up?”

Kondisi itu memang tak lepas dari upaya Ducati yang menciptakan motor WorldSBK seperti MotoGP. Makin klop dengan skill dan pengalaman khas MotoGP pada diri Bautista. Yang lain jadi ketinggalan. Bukan tidak mungkin standar yang dibuat Ducati WorldSBK akan ditiru oleh pabrikan lain di masa depan.

“Saya tidak senang tidak menang, namun saya harus menerimanya, bahkan jika secara mental sulit melakukannya,” kata Rea kepada media Spanyol, Marca seperti dilansir dari motorsport.com (20/4/2019).

dominasi bautista

“Untungnya bagi saya, saya menang dalam empat tahun terakhir. Tetapi bagi dunia luar itu (Bautista) bisa diprediksi atau membosankan. Saya (sendiri) menang dengan (keunggulan) satu atau dua detik.”

“Orang-orang akan gembira karena ada pemenang yang berbeda, namun ini adalah bencana bagi kejuaraan karena mereka ingin mengubah keadaan.”

Rea kuatir di masa mendatang Honda, Yamaha dan Kawasaki akan melakukan hal sama. Ujung-ujungnya biaya kompetisi akan membengkak. Rea memandang akan sangat berlebihan jika motor jalan raya seharga 40 ribuan Euro ‘didandani’ mendekati MotoGP ‘hanya’ untuk menang di WorldSBK.

Namun, Rea tetap optimis dengan peluangnya musim ini. Ia masih bisa lebih dekat lagi dengan Bautista. Beberapa sirkuit terlihat cocok dengannya, kendati Ia sadar tidak akan mendominasi seperti masa lalu.

dominasi bautista
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.