Kawasaki Siapkan Motor MotoGP Untuk WorldSBK 2020

Keputusan Ducati membuat Panigale V4 R dengan basis MotoGP berimbas pada dominasi Alvaro Bautista. Kawasaki sebagai penguasa WorldSBK 4 musim terakhir tidak terima!

Ichiro Yoda, insinyur dan desainer Kawasaki Jepang menyebut timnya tidak punya waktu untuk meratapi kekalahan. Ia menjanjikan motor baru Kawasaki untuk WorldSBK 2020, tentu saja jika Dorna telah menentukan ke arah mana kejuaraan akan dibawa.

11-0 adalah skor Ducati vs Kawasaki di musim ini. Panigale V4 R melalui Bautista telah menyapu bersih 11 kemenangan di 11 balapan perdana musim ini. Sedangkan Jonathan Rea, sang juara dunia bertahan, tampak tidak bisa berbuat banyak menghadapinya.

“Sangat sulit untuk bisa mengalahkan Ducati sekarang. Kami berlomba melawan motor yang berasal dari MotoGP. Panigale V4 menggunakan semua yang ada di MotoGP. Satu-satunya perbedaan adalah ban Pirelli (MotoGP pakai Michelin). Bahkan jika kita memiliki kesempatan untuk menggunakan bagian konsesi di masa depan, kita tidak akan dapat menutup kesenjangan saat ini,” ungkap Yoda kepada speedweek dilansir dari gpone.com (18/4/2019).

kawasaki

“Satu-satunya solusi yang kita miliki untuk tahun depan adalah membangun Kawasaki gaya MotoGP seperti yang telah dilakukan Ducati. Jadi kita perlu mempertimbangkan membuat motor ekstrim untuk diproduksi sebagai seri terbatas, saya pikir 500 adalah angka yang realistis bagi kami.”

Yoda mengaku Kawasaki bisa saja melakukan hal itu. Namun, Ia butuh kejelasan dari Dorna tentang arah kejuaraan di masa depan. Yoda menyebut selama ini filosofi Superbike adalah berbasis motor produksi masal untuk meminimalisasi biaya.

Ya, akhirnya semua berubah ketika ambisi besar Ducati menghadirkan Panigale V4 R, di mana kita berbicara tentang motor dengan nilai pasar 40.000 Euro.

Kawasaki sendiri kendati saat ini tidak berlaga di MotoGP tapi punya pengalaman cukup untuk membangun motor beebasis MotoGP.

“Kami punya pengalaman dengan MotoGP dan motor empat silinder, jadi itu tidak rumit. Jika Ducati berlanjut di level ini, satu-satunya solusi adalah membangun motor baru untuk tahun 2020,” tutupnya!

kawasaki

Btw, jadi penasaran apakah motor baru rasa MotoGP Kawasaki bisa langsung klop dengan Rea dan lintasan-lintasan WorldSBK 2020?

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.