Kemenangan Suzuki Bukan Kebetulan

“Kami sudah dekat dengan podium sejak musim lalu. Jadi, kemenangan di COTA merupakan hasil evolusi alami, bukan kebetulan”

Bos Suzuki Ecstar, Davide Brivio menyebut Alex Rins memang pantas mendapatkan kemenangan. Ia telah menjadi penantang podium sejak musim lalu.

Mengacu pada motogp.com (21/4/2019), performa Rins memang konsisten di depan sejak seri Misano musim lalu. Ia mengakhiri musim lalu dengan catatan finish 4-4-6-3-5-2-2 sejak Misano hingga Valencia.

kemenangan suzuki

“Kemenangan ini bukan sekedar kebetulan dalam satu balapan. Sejak Misano-Aragon kami sudah dekat dengan podium,” ujar Davide Brivio, Manajer Tim Suzuki Ecstar dilansir crash.net (18/4/2019).

“Kadang-kadang kami naik podium, kadang-kadang hanya di bawah, tetapi kami selalu ada di setiap balapan kecuali terjadi sesuatu. Jadi [kemenangan] itu tampak seperti evolusi alami dari apa yang kami lakukan.”

Peran Sylvain Guintoli

Kesuksesan Suzuki menapaki podium tertinggi di COTA tidak lepas dari jasa pembalap penguji mereka, Sylvain Guintoli. Bersama sang Crew Chief, Tom O’Kane, Guintoli bahu membahu membuat GSX-RR meningkat signifikan.

kemenangan suzuki

Perlu diketahui, GSX-RR musim ini merupakan evolusi dari tahun lalu. Artinya, tidak ada yang baru di sektor mesin. Ubahan dilakukan di bagian detil yang kecil. Nah, di sinilah masukan dari Guintoli menjadi sangat penting.

Menurut Brivio, masukan awal memang dikemukakan oleh Rins dan Joan Mir, namun pendapat Guintoli paling mendekati kebutuhan di MotoGP.

“Kami memberikan banyak perhatian dalam memilih part baru. Kami mengembangkan bagian yang berbeda dan hal yang berbeda dan tugasnya adalah memilih bagian dengan benar, untuk benar-benar memilih apa yang memberi Anda keuntungan, apa yang memberi Anda perbaikan,” kata Brivio.

Jadi, dengan kata lain fungsi Guintoli adalah menyusun kepingan puzzle agar paket GSX-RR menjadi sempurna. Dan itu berhasil dilakukannya hingga mampu membawa Rins berjaya di COTA. Kemenangan Suzuki berkat kerjasama apik seluruh tim!

kemenangan suzuki
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.