Yamaha Angkat Suara Perihal Dominasi Ducati WorldSBK

“Motornya legal secara regulasi, tapi kecepatannya menjadi masalah bagi kami semua,” ungkap Yamaha.

Kompetisi balap motor ‘kelas dua’ World Superbike (WorldSBK) musim ini makin membingungkan. Setelah 4 musim terakhir didominasi Kawasaki dengan JonathanRea-nya, kini dominasi berlanjut. Namun, oleh tim lain.

Awalnya, publik pecinta WorldSBK senang dengan kemenangan Alvaro Bautista yang sekaligus menghentikan dominasi Rea dan Kawasaki. Namun, setelah menyelesaikan 4 seri awal, kekuatiran baru muncul. Bautista dan Ducati menjelma menjadi dominasi baru, lebih parah malah.

yamaha

Seluruh race sejak seri pembuka di Australia, lanjut ke Thailand, Aragon dan terakhir di Assen, semuanya disapu bersih Bautista. Jumlah kemenangannya adalah 11 kali. Andaikan tidak ada salju di Assen pekan lalu, bukan mustahil angka 12 kali kemenangan menjadi koleksinya.

Ya, Race 1 WorldSBK Assen ditunda ke hari Minggu setelah di Sabtu Sirkuit Assen hujan salju. Akibatnya, Superpole Race yang sedianya diselenggarakan sebelum Race 2 dibatalkannya untuk mengakomodasi jadwal baru Race 1.

“Tentu saja Álvaro Bautista adalah pembalap top, kemampuan membalapnya tidak diragukan lagi,” kata kepala tim Pata Yamaha, Paul Denning dari speedweek.com (20/4/2019).

“Motornya jauh lebih kencang dengan pendekatan MotoGP dan terasa daripada sebelumnya dengan V2. Motornya sesuai peraturan, tetapi kecepatannya merupakan masalah bagi semua pabrikan lain.”

yamaha

Tidak hanya Ducati, Yamaha sebenarnya juga improve signifikan. Terbukti beberapa kali Alex Lowes maupun Michael Van Der Mark mampu melawan Rea. Bahkan, di race 2 Assen, VDM bisa kalahkan Rea.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.