Rookie Oliveira Tiru Marquez Taklukkan KTM!

Gaya berkendra agresif a la Marc Marquez napaknya cocok untuk menaklukkan KTM RC16. Rookie Miguel Oliveira telah membuktikannya.

Oliveira meyakini bahwa untuk mengendarai KTM RC16 butuh gaya agresif Marquez. Hal itu telah dilakukannya sehingga mampu menghasilkan poin di Argentina dan Austin.

“Saya percaya cara mengendarainya adalah sedikit lebih agresif. Terutama seperti yang kita lihat pada Pol, karena tidak mudah membuat motor masuk tikungan,” ungkap Oliveira kepada motogp.com dilansir dari motorsport.com (23/4/2019).

“Pol punya cara unik dalam mengendarai motor dan juga set-up sedikit berbeda dari saya. Itu adalah salah satu cara untuk mengendarai motor [KTM], sedikit lebih bergaya Marquez.”

rookie oliveira

Selain itu, tidak pernah mengendarai motor lain saat di MotoGP juga menjadi keuntungan rookie asal Portugal itu. Ia jadi tidak bisa membandingkan motornya kini dengan motor lain.

“Itu salah satu hal, yang saya yakini merupakan keuntungan, adalah bahwa saya tidak memiliki sarana untuk membandingkan motor saya dengan motor MotoGP lainnya,” tambahnya.

Hal itu pula yang membuat dirinya berbeda dengan dua pembalap KTM lainnya, Hafizh Syahrin dan Johann Zarco.

“Saya belum pernah mengendarai KTM yang lain, jadi bagi saya itu cukup sederhana. Tetapi untuk Johann lebih sulit karena dia pernah mengendarai motor lain.”

rookie oliveira

Keuntungan Rookie Oliveira lainnya adalah Ia telah cukup lama dengan KTM. Kendati motor MotoGP sangat berbeda dengan Moto2 atau Moto3, namun sedikit banyak Ia telah mengenal karakter KTM. Sehingga saat naik kelas ke MotoGP, adaptasinya akan lebih cepat dibanding Syahrin.

Ya, Syahrin nampak sangat kesulitan beradaptasi dengan RC16. Performa apiknya musim lalu dengan Yamaha Tech 3 seolah menguap. Jika sekelas Zarco saja kesulitan menaklukkan RC16, Syahrin nampaknya lebih parah.

Advertisements